11 DESA MENGIKUTI BIMTEK SISKEUDES OLEH DPMD KAPUAS HULU DI KECAMATAN SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) penerapan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) di gedung pertemuan desa nanga suhaid, yang dihadiri oleh Muspika Kecamatan Suhaid. Kamis 3 oktober 2019.

Berlangsung selama 2 hari, sejak 3 -4 oktober 2019, pelatihan ini diikuti sedikitnya 11 aparat pengelola keuangan desa, perangkat desa, pendamping lokal desa hingga pendamping desa.

Dalam sambutannya, Nasaruddin, SE selaku Sekdis PMD Kabupaten Kapuas Hulu, menurutnya pada tahun 2019 ditargetkan penyerapan penggunaan aplikasi siskeudes dan Sipdes.

“Semua desa harus menggunakan aplikasi siskeudes pada tahun 2019 ini dalam pengelolaan keuangan desa dan Sipdes untuk arsip desa”, katanya.

Siskeudes adalah sebuah aplikasi pengelolaan keuangan desa yang dikembangkan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa.

Aplikasi Siskeudes merupakan alat bantu yang diperuntukan untuk Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, penata usahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban secara komputerisasi yang bertujuan untuk lebih memudahkan desa dalam pembuatan Peraturan Anggaran Pendapatan Belanjan Desa (APBDes) dan pengwujudan pengelolaan keuangan desa yang lebih transparan, akuntabel, tertib dan disiplin.