Lepas Sambut Peserta Program Internsip Batch III

Putussibau, Info Kapuas Hulu – Setelah acara lepas sambut peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) angkatan III periode tahun 2018-2019 di Provinsi Kalimantab Barat pada 30 September lalu, yang berlangsung di Pontianak.

Sebanyak 15 orang Dokter Internsip Batch III periode Oktober 2019 – Oktober 2020 telah tiba di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Achmad Diponegoro Putussibau. Jumat (4/10/2019).

Setibanya di RSUD mereka tampak berkeliling ke seluruh ruangan yang ada di RS. Bersama dr. Asri Anisa dokter umum RSUD dr. Achmad Diponegoro. 

Kelima belas orang yang terbilang masih muda, berbalut jas dokter dengan warna khas orang kesehatan, berwarna putih, menelusuri ruang-ruang pelayanan di gedung putih ini, dimulai dari IGD. 

Kemudian menuju kantor, instalasi rawat inap, dan instalasi rawat jalan, sembari memperkenalkan diri dan mengenal linkungan kerja yang akan menjadi bagian hidup, selama satu tahun ke depan.

Seperti dalam sebuah pepatah yang berbunyi, “Tak kenal Maka Tak Sayang,” memulai langkah awal karier di Rumah Sakit yang pertama kali berdiri di Kapuas Hulu,  mengenalkan diri dengan lingkungan sekitar, dengan orang-orang disekeliling mereka, partner kerja, ruang kerja.

Dalam rangka menjalankan aturan pemerintah yang tertuang pada SK Mendiknas RI No. 045/SK/2002 serta SK Dirjen Dikti Depdiknas RI No. 1386/D/T/2004. Setiap lulusan dokter baru produk kurikulum KBK harus mengikuti program dokter Internship.

Program dokter Internsip sudah berjalan sejak tahun 2010, dipelopori lulusan dokter dari fakultas kedokteran Universitas Andalas, dan saat ini diikuti oleh hampir seluruh fakultas kedokteran di Indonesia. (Ria).