LKP ICT CLUB Membuka Beasiswa Belajar Desain Grafis

By .KIM Juragan.

Putussibau, Info.kapuashulukab.go.id – Lembaga Kursus dan Pelatihan Information Communication Technology (LKP ICT) Club Kapuas Hulu, tahun ini membuka kembali kursus desain grafis. Namun untuk tahun ini dibiayai langsung dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

“Kursus desain grafis ini dibiayai dari dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara,” ujar Ketua LKP ICT Club Kapuas Hulu.

LKP ICT Club adalah lembaga yang aktif memberikan pelatihan dan kursus bagi masyarakat di Kabupaten Kapuas Hulu. Ia merupakan satu-satunya LKP di kota Putussibau yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Kementerian Pendidikan maupun Kementerian Ketenagakerjaan.

Program ini terselenggara atas kerja sama Program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) dengan LKP ICT CLUB dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019. Untuk angkatan kedua tahun 2019, kegiatan berlangsung selama dua bulan, Oktober hingga November.

Kursus desain grafis ini terdiri dari dua angkatan. Angkatan pertama telah memulai pembelajaran lebih awal beberapa minggu dari angkatan kedua.

Sedang angkatan kedua belum lama ini dimulai. Hari Minggu (29/9), kegiatan sosialisasi terkait kursus desain grafis. Pada hari Selasa (1/10) malam, kegiatan kursus sudah mulai berjalan yang  dimulai dengan pengenal aplikasi corel draw kepada peserta kursus.

Adapun persyaratan untuk mengikuti kursus desain grafis seperti yang tertera pada brosur di media sosial adalah berusia 16-35 tahun, putus sekolah/ lulus tidak melanjutkan (tidak sedang sekolah/ kuliah, belum memiliki pekerjaan tetap, diprioritaskan dari keluarga yang kurang mampu, bisa mengoperasikan computer minimal aplikasi perkantoran.  

Ketika kursus telah berakhir, akan ada uji kompetensi dari lembaga sertifikasi komputerisasi pusat. Pada saat uji kompetensi pakai baju putih hitam. Bagi yang lulus kompetensi, akan mendapatkan sertifikat kursus tingkat nasional.

Arie Budiwan menuturkan, kegiatan ini bertujuan untuk  meningkatkan Sumber Daya Manusia generasi muda dan mengurangi pengangguran.

Harapannya dengan adanya kursus desain grafis ini, peserta yang telah selesai mengikuti kegiatan, dapat berusaha/bekerja baik secara mandiri maupun sebagai karyawan. (Ria).

Pic. By, Arie Budiwan