Jalan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir Masih Prioritas Pemda

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir, S.H menegaskan bahwa pembangunan akses jalan kabupaten ke kecamatan masih jadi prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kapuas Hulu. Khususnya jalan menuju kecamatan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir.

“Dua kecamatan belum tembus, kebetulan salah satunya kampung kelahiran saya (Bunut Hilir). Itu bukan mentang-mentang kampung saya tetapi memang prioritas pemerintahan,” tegasnya.

Kata Bupati jalan menuju Bunut Hilir memang masih berderbu, akan tetapi semangat antusias masyarakat melewati akses tersebut sangat besar, itu terlihat saat acara MTQ kabupaten. “Masyarakat dari bebagai kecamatan semangat datang ke bunut, mereka ramai-ramai datang,” ujarnya.

Bupati menegaskan Pemerintah tetap ingin menyelesaikan pembangunan yang belum selesai. Mudah-mudahan jalan bunut bisa cepat tuntas. “Kalau kita biarkan bedebu terus tentu masyarakat akan mengeluh lagi, perlu juga lakukan peningkatan hingga pengaspalan,” ujarnya.

Terkait penganggaran, kata Bupati, melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemerintah Pusat ada untuk pembangunan jalan. Akan tetapi syaratnya harus satu poros, sementara jalan yang butuh perhatian pemerintah di kapuas hulu ini banyak dan tersebar, tidak disatu poros. “Sebab itu Pemda Kapuas Hulu juga menyiapkan anggaran tanggap darurat serta, kemudian UPJJID agar bisa melakukan perbaikan secara cepat,” ujar AM Nasir.

Jalan dari kabupaten ke kecamatan ada yang sudah tuntas seperti yang menuju kecamatan Jongkong. “Khusus untuk Embaloh Hilir termasuk Silat, Pemda Kapuas Hulu sudah minta bantuan dari Pemprov Kalbar . Kalau bunut pelan-pelan lewat APBD,” ujar Bupati. (yohanes)