Penjaringan dan Pemetaan Kesehatan Peserta Didik Oleh Puskesmas Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Puskesmas Suhaid beberapa waktu lalu mengadakan penjaringan sekaligus pemetaan kesehatan peserta didik SMA Negeri 1 Suhaid yang dilakukan secara berkala setiap tahun, dan yang kali ini merupakan lanjutan ketiga sejak tahun ajaran baru 2019/2020. Sabtu (28/9/2019).

Penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memilah (skrining) anak yang sehat dan tidak sehat, serta dapat dimanfaatkan untuk pemetaan kesehatan peserta didik. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan StandarPelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan dalam program Usaha Kesehatan Sekolah(UKS).

Selain itu, untuk menentukan jenis pemeriksaan, selain memprioritaskan penjaringan terhadap gangguan kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar, juga perlu memperhatikan prinsip skrining diantaranya merupakan masalah kesehatan yang penting, contohnya tersedia pengobatan untuk kondisi tersebut, tersedia fasilitas untuk diagnosis dan pengobatan.

Tujuan dari penjaringan kesehatan adalah meningkatkan derajat kesehatan peserta didik secara optimal dalam mendukung proses belajar. Selain itu, secara khusus bertujuan agar terdeteksinya secara dini masalah kesehatan peserta didik, sehingga bila terdapat masalah dapat segera ditindaklnajuti, kemudian agar tersedianya data atau informasi untuk menilai perkembangan kesehatan peserta didik, maupun untuk dijadikan pertimbangan dalam menyusun program pembinaan kesehatansekolah, serta agar termanfaatkannya data untuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program pembinaan peserta didik.

Kepala Puskesmas Suhaid M. hidayat mengatakan, penjaringan kesehatan merupakan suatu prosedur pemeriksaan kesehatan yang dilakukan untuk memilah (skrining) siswa yang sehat dan tidak sehat dalam bentuk promotif dan preventif yang digunakan untuk pemetaan kesehatan peserta didik.

“Pelayanan kesehatan UKS diutamakan pada upaya peningkatan kesehatan dalam bentuk promotif dan preventif,” ujarnya.

Lebih lanjut H.hidayat menambahkan, kegiatan penjaringan kesehatan meliputi pemeriksaan status gizi, kebersihan diri, kesehatan mata, tes buta warna, kesehatan pendengaran, kesehatan gigi dan mulut, dan pembagian tablet tambah darah bagi remaja putri.

“Kegiatan penjaringan kesehatan di SMAN 1 Suhaid meliputi berbagai pemeriksaan yang ditujukan untuk meningkatan taraf kesehatan siswa di sekolah” tambahnya.