Puskesmas Mentebah Lakukan Pendataan Keluarga Sehat

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke – 5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera.

Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015 – 2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.

Khusus di Kabupaten Kapuas Hulu, program tersebut terus digalakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu melalui Puskesmas – Puskesmas. Salah satunya Puskesmas Kecamatan Mentebah.

Puskesmas Mentebah melaksanakan pendataan program Indonsesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga (PIS PK), kegiatan tersebut juga melibatkan instansi lainnya. Dengan sasaran masyarakat di Desa Kepala Gurung Kecamatan Mentebah. Kamis (26/9/2019).

“Maksud  dan tujuan yakni pendataan keluarga sehat. Kita ucapkan terimakasih atas dukungan dari unsur pimpinan Kecamatan Mentebah (USPIK ) dan kepala desa Kepala Gurung beserta jajarannya, sehingga kegiatan ini bisa berjalan lancar,” ungkap Kepala Puskesmas Mentebah Dayang Surawati kemarin. Seperti diketahui, sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat, melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan.