Bimtek Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional GTK PAUD

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah PraniansyahInformasi Suhaid.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Bimtek untuk guru dan tenaga kependidikan (GTK) paud digedung pancasila kecamatan semitau pada tanggal 26 – 27 september 2019. Kegiatan tersebut dihadiri oleh muspika Kecamatan Semitau dan diikuti oleh 60 peserta dari 4 kecamatan yaitu Selimbau, Suhaid, Semitau dan Seberuang, dan ini merupakan giat tahap I, karena pada tahap II akan dilaksanakan di Kecamatan Badau pada tanggal 8 – 9 oktober 2019.

Pada tahun 2019, Kemendikbud / Ditjen Paud dan Dikmas mengeluarkan beberapa kebijakan, yaitu perluasan akses yang tepat sasaran, mendorong terwujudnya budaya mutu disetiap satuan paus dan dikmas, pemanfaatan sesuai dengan perkembangan zaman, Iptek dan kearifan lokal, mempererat sinergi dengan berbagai pihak, serta mempertahankan wilayah bebas dari korupsi dan terus meningkatkan tata kelola.

Menurut Hj. Sri Siti Haslindar, S.Pd, M.Si selaku Kasi Paud bahwa bimtek ini memiliki tujuan membantu dan mempersiapkan guru dan tenaga kependidikan (GTK) paud agar mampu melaksanakan amanat Permendikbud RI Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Paud.

Hidayat, S.Pd, M.Pd selaku Camat Semitau berharap kegiatan tersebut merupakan upaya peningkatan kompetensi guru.” agar kepala sekolah dan pengelola serta guru paud, baik itu pendidikan formal dan non formal (TK, KB) berupaya meningkatkan kompetensi guru”.

Hidayat juga menambahkan, ”Kepala desa memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas guru paud, termasuk dari honor mereka mengajar, karena paud adalah dasar pendidikan seorang anak, itu lebih penting.

Dalam bimten ini, peserta dibekali dengan teknis mengajar yang dipraktekkan secara berkelompok agar bisa diterapkan di masing masing paudnya, dengan narasumber ibu Hj. Sri Siti Haslindar, S.Pd, M.Si selaku Kasi Paud, Fatmawati, A.Md, Margaretha Corry, S.Pd dan Suryati S.Pd.