Yudisium dan Perpisahan Dokter Internship di RSUD dr. Achmad Diponegoro

By. Humas RSUD Putussibau

Putussibau, Info Kapuas Hulu – RSUD putussibau telah dilaksanakan acara Yudisium dan Perpisahan dokter Internship RSUD dokter Achmad Diponegoro, dan Puskesmas Putussibau Selatan Batch III tahun 2018-2019. Bertempat di Aula RSUD dokter Achmad Diponegoro. Selasa (24/09/19).

Acara tersebut dibuka dengan kata sambutan oleh direktur RSUD dokter Achmad Diponegoro, drg. Poltak P. Sianturi, M.Kes., dan dipandu salah satu pendamping dokter internship, yaitu dr. Jusenda Hutasoit.

Selain direktur dan pendamping, acara juga dihadiri oleh salah satu dokter spesialis, yaitu dr. Mas Agung Ginanjar, SpA.

Dalam kata sambutannya, direktur menyampaikan nilai-nilai perolehan seluruh dokter internship dalam program internship yang diadakan oleh Program Dokter Internship Indonesia.

Selain itu diselingi dengan apresiasi terhadap dokter internship, serta nasehat-nasehat yang menginspirasi seluruh peserta acara. Seperti pentingnya sebuah proses usaha dalam mencapai sebuah hasil, dan keramahan terhadap pasien.

Sementara itu dokter Jusenda Hutasoit mengatakan, bulan Oktober nanti Rumah Sakit akan kembali kedatangan dokter internship yang baru.

Internship adalah proses pemantapan mutu profesi dokter untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan.

Undang-undang No. 20 Tahun 2013 tentang Pendidikan Kedokteran (UU dikdok), program internship merupakan program pemahiran dan pemandirian dokter yang menjadi bagian dan penempatan wajib sementara. (Ria).