Dishub Kapuas Hulu Gelar Sosialisasi SiPencatar STTD

Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) STTD di gedung SMAN I Putussibau, Senin, (23/9/19). Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan dan Jalan (LLAJ) Hemni Sukmana S.H,M.A.P.

Dalam sambutannya, Hemni menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mendukung agar para siswa mendaftar ke perguruan tinggi kedinasan. Dalam paparannya menjelaskan berbagai sekolah di bawah koordinasi Kementerian Perhubungan. Terdiri dari 3 matra, yaitu matra laut, darat, dan udara. Kegiatan tersebut  Dihadiri oleh, Kepala Seksi Keselamatan Sarana dan Prasarana LLAJ Bujang P, Kasubbag Umum dan Aparatur Khajijah dan perwakilan sekolah Taruna STTD Alpiantriwibowo Taruna.

Setelah pemaparan dari taruna  terkait program Pola Pembibitan dan Program Reguler, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Berbagai pertanyaan dilontarkan peserta. Antara lain, apakah boleh mendaftar pada dua sekolah kedinasan pada waktu yang sama, berapa kuota untuk putra/i kapuas hulu, apakah tesnya dilaksanakan di lokasi sekolah kedinasan tersebut atau bisa laksanakan di kapuas hulu, apakah terdapat beasiswa untuk sekolah perhubungan.

Kepala Bidang LLAJ, turut menanggapi pertanyaan dari peserta. “Dengan adanya Penerimaan Calon Taruna Perhubungan tahun 2019/2020 ini kita harapkan nantinya akan tersedia Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang transportasi dapat merata ke seluruh Indonesia, sehingga akan tersedia SDM transportasi yang memiliki pengetahuan yang memadai, keterampilan yang mempunyai kompetensi yang handal serta perilaku yang terpuji untuk mendukung pembangunan dan pelayanan masyarakat serta dapat menunjang terwujudnya visi pembangunan daerah yaitu untuk mewujudkan Kapuas Hulu yang Maju, Sejahtera, Bermartabat dan Berdaya Saing,” ungkapnya.

Adapun jadwal pendaftaran jalur pola pembibitan dimulai pada tanggal 1 – 30 April 2019, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada 13-17 Mei 2019, pelaksanaan Tes Kesehatan, Kesamaptaan dan Wawancara pada 9-12 Juli 2019 dan Pengumuman hasil akhir pada 19 Juli 2019.  Untuk informasi lengkap dapat di akses melalui website: http://sipencatar.dephub.go.id Semoga dengan adanya sosialisasi ini akan meningkatkan animo masyarakat kapuas hulu khususnya siswa dan siswi SMA/SMK di kabupaten kapuas hulu untuk mengikuti penerimaan taruna perhubungan tahun 2019/2020 dan bisa menjadi ASN bidang transportasi yang menunjang kemajuan Kabupaten Kapuas Hulu.