Dinkes Kapuas Hulu Bagikan Ribuan Masker Kepada Masyarakat

Kabupaten Kapuas Hulu salah satu daerah di Provinsi Kalbar yang juga terdampak kabut asap tahun ini. Hanya saja tingkat keparahannya sampai saat ini belum begitu tinggi. Namun demikian, dari sisi kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu telah melakukan berbagai langkah antisipasi pencegahan terhadap timbulnya penyakit karena kabut asap yang masih melanda sebagian besar wilayah di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto, S.KM mengatakan, jauh hari sebelumnya, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas agar melakukan antisipasi terhadap kasus IPSA yang timbul karena asap.

“Maka tadi waktu rapat saya sudah memaparkan, kita sudah antisipasi peningkatan kasus ISPA jauh hari melalui Puskesmas – Puskesmas,” ungkap Ade Hermanto, Rabu (18/9/2019).

Dikatakan Ade, sampai saat ini belum ada menunjukan peningkatan kasus ISPA di Kabupaten Kapuas Hulu. Sama dengan hasil laporan harian dari seluruh Puskesmas se Kapuas Hulu juga belum menunjukan peningkatan kasus.

“Cuma Puskesmas – Puskesmas sudah bergerak dari tanggal 14 September kemarin, melakukan kegiatan – kegiatan untuk mencegah terjadinya kasus ISPA di masyarakat, terutama melalui penyuluhan dan pembagian masker gratis ke sekolah – sekolah dan penduduk pada umumnya,” papar Ade.

Ade menambahkan, sampai saat ini masker yang sudah terbagi ke seluruh Puskesmas sebanyak 105.350 buah masker. Bahkan besok Kamis (19/9) pihaknya kata Ade akan melakukan pembagian masker kepada masyarakat.

“Besok kami mengajak organisasi – organisasi kemasyarakatan untuk membagikan masker di Putussibau Utara dan Putussibau Selatan, itu sebanyak 1000 masker, kita bekerjasama dengan BPBD ada 1.500 masker,” tambahnya.

Dalam pembagian masker besok sore kata Ade, pihaknya menggandeng organisasi FKPPI, Sapma Pemuda Pancasila, Tagana, Pramuka Saka Bakti Husada dan Palang Merah Indonesia Kapuas Hulu.

“Besok diawali dengan apel pagi bersama OPD terkait, di Dinas Kesehatan, dan langsung dipimpin oleh bapak Bupati Kapuas Hulu. Sorenya setelah Ashar baru aksi pembagian masker di jalan – jalan. Ade kembali menegaskan bahwa Dinas Kesehatan sudah bergerak dari jauh hari untuk antisipasi jangan sampai terjadi peningkatan kasus ISPA di Kabupaten Kapuas Hulu, dan sampai saat ini tidak ada peningkatan.