Realisasi Rabat Beton Jalan Jawa Dusun Sungai Lalau Desa Nanga Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Pemerintah Desa Nanga Suhaid merealisasikan pembangunan rabat beton jalan jawa Dusun Sungai Lalau, dengan panjang 100 meter.

”Rabat beton ini dibangun atas permintaan masyarakat, panjangnya 100 meter yang dibangun menggunakan dana desa tahap 2 sebesar Rp 50 jt lebih termasuk pajak didalamnya, diperkirakan 2 hari lebih waktu pengerjaan. Insya allah tahun depan ada lanjutan karena masih ada rumah diujungnya, dan jalan ini nantinya tembus ke jalan perintis lingkar muara tawang” ungkap Saiful Kabib selaku Tim Pengelola Kegiatan (TPK) sekaligus kepala dusun sungai lalau saat ditemui dilokasi kegiatan. (18/9/2019).

Selain itu, Saiful menjelaskan bahwa kegiatan tersebut melibatkan masyarakat dalam pengerjaan.

”Kami sengaja melibatkan masyarakat setempat dalam mengerjakannya, dengan tujuan agar bisa membantu menambahkan penghasilan masyarakat.

Setiap kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa merupakan realisasi daripada rencana kegiatan pemerintahan dan pembangunan yang dituangkan dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Desa.

Kegiatan pembangunan fisik tersebut dilakukan untuk menunjang sarana dan prasana dalam hal pemenuhan kebutuhan masyarakat serta mencapai kesejahteraan masyarakat.

Sumber keuangan desa untuk pembangunan fisik berasal dari pemerintah. Terkait sumber dana yang diberikan oleh pemerintah tersebut untuk sebuah kegiatan pembangunan tentunya ada suatu mekanisme atau proses pengucuran dana sehingga dana yang diajukan dapat terealisasi. Namun pembangunan fisik juga harus sesuai RAB dan memenuhi ketentuan tentang waktu pelaksanaan, sehingga efektivitas keseluruhan mencapai semua sasarannya.