Sembilan Desa Dapat Akses Internet dari Kemenkominfo RI

Pemerintah terus memberikan fasilitas publik kepada masyarakat, salah satunya akses internet. Tidak hanya akeses internet gratis di pusat kota, tetapi juga masuk hingga ke desa-desa. Untuk Kapuas Hulu sendiri sudah ada sembilan desa yang mendapat fasilitas akses internet gratis dari Pemerintah.

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, H. Ir. Istiwa, M.Si mengatakan bahwa pembangunan akses internet di sembilan desa tersebut berkapasitas kecepatan 2 Mbps. Pembangunannya sudah selesai dan masyarakat sudah bisa memanfaatkannya.

“Akses internet tersebut sudah bisa dipakai masyarakat. Kita tidak membatasi dan itu digunakan gratis, ini sasaran utamanya adalah pelajar,” paparnya, Senin (16/9).

Sementara itu Kepala Bidang Statistik pada Diskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Zulkifli, menambahkan lokasi pembangunan akses internet desa tersebut tidak semua dipusatkan di kantor-kantor desa. Ada sebagian di sekolah-sekolah. Adapun sembilan lokasi pembangunan akses internet tersebut adalah Kantor Desa Nanga Semangut Kecamatan Bunut Hulu, MTSN 3 Kapuas Hulu di Kecamatan Jongkong, Kantor Desa Riam Piang Kecamatan Bunut Hulu, SMP 2 Kecamatan Hulu Gurung, SMAN 1 Kecamatan Jongkong, Kantor Desa Lubuk Antuk Kecamatan Hulu Gurung, Kantor Desa Bugang Kecamatan Hulu Gurung, BLC Kantor Camat Badau, terakhir Kantor Desa Sejahtera Mandiri Kecamatan Hulu Gurung.

“Dalam pembangunan akses internet ini, perangkatnya dari dana Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melalu Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi. Mereka juga yang menetapkan lokasi pembangunannya,”

Zulkipli menegaskan pihaknya akan terus berupaya mengusulkan pembangunan akses internet desa ke Kemenkominfo RI. Kedepan lebih diprioritaskan ke sekolah dan puskesmas. “Sekolah perlu internet karena ada ujian nasional berbasis komputer yang harus mereka lakukan setiap tahunnya,” ujarnya.

Saat ini, kata Zulkipli, sedang gencar-gencarnya pihak sekolah mengajukan proposal pembangunan internet tersebut ke Diskominfo Kapuas Hulu. “Ada beberapa sekolah yang ngusulkan internet, sekarang ini sekitar tujuh sekolah. Proposal itu kami infokan terus ke pusat (Kemenkominfo RI, red). Kita berharap kedepan bisa lebih banyak lagi pembangunan internet yang diberikan Pemerintah Pusat ke desa-desa di Kabupaten Kapuas Hulu,” tuntasnya. (yohanes)