Kabut Asap di Kapuas Hulu, Disdikbud-KH Pertimbangkan Libur

Kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Kapuas Hulu semakin menghawatirkan. Kabut asap beresiko mengganggu kesehatan masyarakat. Memperhatikan hal ini, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kapuas Hulu mempertimbangkan opsi libur, bagi sekolah-sekolah yang terkena dampak kabut asap. “Libur adalah opsi yang kami pertimbangkan untuk sekolah-sekolah yang terdampak kabut asap,” ungkap Petrus Kusnadi, M.Si, Kepala Disdikbud Kapuas Hulu, Minggu (15/9).

Opsi libur, kata Petrus, tentu harus mendapat persetujuan pimpinanya Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir. Selain itu harus juga berdasarkan kondisi ril di lapangan. “Untuk itu saya saat ini masih berkoordinasi dengan Koordik kami dilapangan, itu untuk jadi pertimbangan pimpinan terkait dengan opsi libur bagi sekolah akibat kabut asap,” ujarnya.

Terkait dengan keadaan kabut asap, kata Petrus, kondisinya sempat membaik beberapa hari lalu karena ada hujan turun. Namun hari ini semakin pekat. “Untuk itu saya menghimbau kepada para pelajar dan pendidik agar mengenakan masker untuk belajar mengajar, terutama yang beraktifitas diluar ruangan,” tuntasnya. (yohanes)