Kelompok Pemberdayaan Desa Tanjung Harapan Beternak Ayam Petelur

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Kelompok pemberdayaan Desa Tanjung Harapan, dalam program pemberdayaan dari PT Kartika Prima Cipta melalui CSR sudah mulai membangun kandang ayam petelur. kandang tersebut berada tidak terlalu jauh dari pusat pemerintahan Desa Tanjung Harapan. (11/9/2019).

Beberapa waktu lalu, anggota kelompok tersebut bersama staf CSR PT. KPC dan Fasilitator secara bergotong royong membuat kandang, tingginya animo masyarakat dalam proses pembejaran tersebut memacu semangat sehingga proses pembuatan kandangnya tidak memakan waktu lama.

Abdul Rauf selaku ketua kelompok berharap proses pembejaran ini menjadi langkah awal untuk mandiri.

”harapan saya, dalam proses belajar ini agar anggota kelompok bisa memanfaatkan ilmu yang didapat, sehingga nantinya bisa diterapkan secara mandiri, tentunya langkah awal ini harus berhasil”. ungkapnya sembari menunjukkan letak kandang ayam, (11/9/2019).

Ternak ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk digeluti sebagai usaha. Hal tersebut dikarenakan permintaan telur ayam yang setiap hari terus bertambah, bahkan hingga saat ini Kecamatan Suhaid mendapatkan telur harus mendatangkan dari lanjak.

Ternak ayam petelur ini memiliki dua keuntungan sekaligus, selain telur ayam yang dihasilkan menjadi bisnis pokok, ayam petelur yang sudah tua atau yang sudah tak mampu menghasilkan telur ayam dapat dijual dengan sistem per ekornya atau dagingnya. Dua keunggulan tersebutlah yang menjadi modal utama dalam memilih program CSR tersebut.