Pembukaan Turnamen Sepak Bola “Lubuk Pengail Cup 2019”

Upacara pembukaan Turnamen Sepak Bola Lubuk Pengail Cup 2019, Desa Lubuk Pengail Kecamatan Suhaid berlangsung meriah yang di selenggarakan di lapangan Sepak Bola Desa Lubuk Pengail, Sabtu (7/9/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut Kadis PMD Kab. KH beserta rombonganya, Camat Suhaid dan Kapolsek Suhaid beserta rombonganya, serta dihadiri oleh Ketua ABDESI Kab. KH dan Kepala Desa tetangga yaitu Kades Senunuk.

Ketua Panitia Turnamen Sepak Bola Lubuk Pengail Cup 2019 mengatakan, kompetisi tersebut merupakan kegiatan pertama yang di selenggarakan Tahun  ini sebagai rasa syukur Nelayan terhadap hasil tangkapan ikan Tahun ini yang cukup berlimpah serta memberikan nuansa baru. Turnamen ini juga dapat mempererat rasa persaudaraan Desa yang berada di sekitaran Danau, semuanya tidak terlepas dari aspirasi Kelompok Nelayan dan partisipasi warga Desa Lubuk Pengail dan di dorong banyaknya potensi sepak bola yang mumpuni, ujar Ketua Panitia.

Sementara itu Kadis PMD Kab. Kapuas Hulu Alpiansyah, SE, M.Si sangat mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan yang merupakan suatu kearifan lokal masyarakat yang hidup di Danau dan kalau di darat merupakan salah satu bentuk kegiatan pesta Panen Padi, kita sebagai bangsa Indonesia patut berbaga dan bersyukur memiliki banyaknya keanekaragaman kearifan lokal dan budaya masyarakat.

“pembangunan atau membangun masyarakat Desa, tidak hanya berkaitan dengan pelaksanaan pembangunan fisik saja (seperti jalan, gedung, pendopo dll) akan tetapi juga harus disertai dengan pembangunan non fisik seperti penguatan sumber daya manusianya (Aparatur Desa, lembaga-lembaga Desa beserta masyarakat) sehingga terjadi keseimbangan dalam pemerataan membangun Desa menuju terwujudnya Percepatan Peningkatan Status Kemandirian Desa. Kegiatan olahraga antar Desa ini patut dilaksanakan untuk memupuk rasa persaudaraan, solidaritas kerjasama antar masyarakat serta ajang menyalurkan hobby, minat dan bakat dari sepak bola, volly ball dan lain-lain”

Kadis PMD Kab. KH juga sangat mendukung dan berharap, “agar kegiatan Turnamen Sepak Bola ini dapat menjadi ajang rutinitas Tahunan dimusim kemarau. Salain itu masyarakat luar juga bisa mengetahui bahwa Danau Sentarum itu luas dengan hamparan air akan tetapi di musim Kemarau ini  ditengah-tengah Danau dapat di lewati oleh kendaraan bermotor roda dua  hal inilah yang menjadi keunikan dan daya tarik tersendiri dari Danau Sentarum” pesanya.

Lalu setelah acara seremonial berlangsung dengan resmi dibuka oleh Kadis PMD Kab. KH, para audiens yang hadir memadati Lapangan Sepak Bola Desa Lubuk Pengail menyaksikan laga pertama dibuka dengan pertandingan antara Nanga Leboyan FC vs Kenelang FC pertandingan perdana pun berlansung segit, para tim kesebelasan saling menyerang dan menekan lawan hingga babak pertama belum berhasil menjebol gawang lawan. Kemudian selang 15 menit pertandingan babak kedua dilanjutkan kembali, kesebelasan tim masih saling menyerang satu sama lain tetapi belum ada yang berhasil menjebol gawang lawan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya pertandinga. Akhirnya pertandingan antar kesebelasan tim di adu pinalti yang dimenangkan oleh Nanga Leboyan FC.

Disamping menghadiri undangan Turnamen Sepak Bola “Lubuk Pengail Cup 2019” Tim Dinas PMD Kab. KH juga melakukan kegiatan-kegiatan pembinaan yang berkaitan dengan pelaporan pertanggung jawaban APBDes dan Administrasi Pemerintahan Desa yaitu penggunaan aplikasi Siskeudes dan Simpades; batas antar Desa dalam wilayah satu Kecamatan; dan pembinaan lembaga-lembaga Desa (BPD, PKK, BUMDes dan lain-lain).