Kapuas Hulu Raih Juara Favorit Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan Tingkat Prov Kalbar Tahun 2019

Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat  menggelar acara Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat  bertempat di Hotel Dangau, Sungai Raya , Rabu (04/9/19).

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat Drs.H.Manto saidi,M.Si. Kegiatan diikuti siswa SLTA sederajat se Provinsi Kalimantan Barat  yang berjumlah 28  peserta.

Mengacu pada pasal 20B  UU no 22 Tahun 2009 tentang Pendidikan Lalu Lintas Sejak Dini, acara dimulai dengan agenda pembinaan kepada pelajar mengenai penyuluhan ketertiban lalu lintas dan angkutan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat. Dalam pembinaan tersebut Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Barat bekerjasama dengan ditlantas Polda Kalbar, Jasa raharja, BNN Prov kalbar dalam penyelenggaraan pembekalan dan pemantapan peserta duta lalu lintas angkutan jalan, lingkungan sekitarnya. Terakhir adalah menyelamatkan generasi muda, sebagai aset bangsa. Tujuannya untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan melalui pemberian penghargaan bagi pelajar yang menjadi pelopor keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dinas Perhubungan Kapuas Hulu diajang pemilihan pelajar pelopor keselamtan jalan mendapatkan juara favorit yang diraih oleh Ananda Khairunnisa Fiqri perwakilan dari Madrasah Aliyah Negeri  1 Putussibau.

Digelarnya pemilihan pelajar pelopor ini, yakni untuk meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Tak hanya itu kegiatan ini juga menjadi bagian dari pembentukan karakter budaya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. “Saya berharap para pelajar yang diutus masing-masing sekolah untuk mengikuti kegiatan ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan untuk menjadi generasi muda yang peduli terhadap keselamatan lalu lintas, lebih tertib dalam berlalu lintas, menyebarluaskan informasi tentang keselamatan lalu lintas atau menjadi pelopor bagi pelajar lainnya,” jelasnya

Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas Hulu di wakili oleh dua orang peserta yaitu Perwakilan dari Madrasah Aliyah Negeri  1 Putussibau Khairunnisa Fiqri, SMA Negeri 2 Putussibau Wilda Juliawati Ansari , Dengan adanya pemilihan duta lalu lintas diharapkan dapat melahirkan kader yang bisa dijadikan contoh dan mampu menjadi agen keselamatan menjadi ikon terhadap permasalahan lalu lintas serta membantu tugas kepolisian  sesuai tujuan  dari Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu  dan Polres  Kapuas Hulu. Pelajar yang terpilih sebagai Pelopor Keselamatan Lalu Lintas diharapkan bisa menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui