Kelompok Pemberdayaan Nanga Suhaid Menggarap Lahan Untuk Kandang Ayam Petelur

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Kelompok pemberdayaan Desa Nanga Suhaid, dalam program pemberdayaan dari PT Kartika Prima Cipta melalui CSR sudah mulai menggarap lahan untuk pembangunan kandang ayam petelur. Lahan tersebut berada di Jalan Suhaid – Mensusai di Desa Nanga Suhaid, Jumat (6/9/19).

Diperkirakan lebih dari 10 orang anggota kelompok tersebut bersama staf CSR PT. KPC dan Fasilitator bergotong royong membersihkan lahan yang dipenuhi tanaman hutan karena lahan yang digunakan untuk program tersebut harus dipastikan tidak memiliki dampak pada lingkungan karena 250 ekor ayam petelur tersebut kotorannya akan mengeluarkan bau yang berdampak pada lingkungan.

” Diperkirakan memakan waktu 15 hari proses persiapan lahan sampai kandang siap digunakan jika tenaga kerja dalam gotong royong ini bisa maksimal, karena kandang yang dibuat tipe baterai dan dibawahnya dicor semen”. ungkap Abang Ta’at selaku ketua kelompok saat ditemui dikediamannya.

Ternak ayam petelur merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk digeluti sebagai usaha. Hal tersebut dikarenakan permintaan telur ayam yang setiap hari terus bertambah, bahkan hingga saat ini Kecamatan Suhaid mendapatkan telur harus mendatangkan dari Lanjak.

Ternak ayam petelur ini memiliki dua keuntungan sekaligus, selain telur ayam yang dihasilkan menjadi bisnis pokok, ayam petelur yang sudah tua atau yang sudah tak mampu menghasilkan telur ayam dapat dijual dengan sistem per ekornya atau dagingnya. Dua keunggulan tersebutlah yang menjadi modal utama dalam memilih program CSR tersebut.