Pelayanan Puskesdes Tanjung mendapat Respon Sangat Baik

Laporan KIM Entugan Hulu
A. Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Puskesdes Tanjung yang berdiri sejak 2007 lalu ini mendapat respon sangat baik dimasyarakat Desa Tanjung. Fungsi puskesdes tanjung pada dasarnya sama dengan puskesmas, yaitu memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat melalui program Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perseorangan (UKP).

Puskedes dalam ruang lingkup desa juga termasuk fasilitas kesehatan tingkat pertama, yang artinya puskesdes merupakan fasilitas di barisan terdepan dalam memberikan layanan kesehatan pada masyarakat setempat.

Sesuai namanya, program UKM ditujukan pada kegiatan pemeliharan dan peningkatan kesehatan. Selain itu, program ini juga melakukan kegiatan pencegahan dan penanggulangan masalah kesehatan pada keluarga dan masyarakat. Sementara itu, program UKP lebih difokuskan pada masalah kesehatan perorangan, sehingga peran pelayanan sangat dimaksimalkan.

Selaku kepala Puskesdes Tanjung, Darmawan menuturkan bahwa tingkat respon masyarakat cukup tinggi terhadap keberadaan puskesdes tanjung tersebut.

”Animo masyarakat cukup tinggi untuk menggunakan fasilitas yang ada disini, termasuk cara pelayanan yang kami berikan, diperkirakan 70-80 pasien setiap bulan menggunakan puskesdes ini, baik itu chek up, konsultasi maupun pengobatan, termauk sistem pelayanan kunjungan terus dilakukan agar tingkat respon masyarakat lebih tinggi lagi terhadap keberadaan kami, karena pelayanan kunjungan (Home Care) itu penting diterapkan, Namun semua pelayanan yang kami berikan tetap mengacu pada SOP, serta tetap pada kepentingan keperluan pelayanan umum tingkat pertama walau pun fasilitas yang serba kurang dan Minim. tuturnya (5/9/2019).

Darmawan juga mengharapkan dari dinas kesehatan dalam merehabilitasi sarana dan penambahan prasarana sebagai penunjang dalam memberikan pelayanan.

”Kami sangat berharap kepada pemerintah daerah kabupaten kapuas hulu melalui dinas kesehatan agar bisa mensupport rehabilitasi sarana puskesdes ini dan penambahan prasarana, ini salah satu penunjang penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”. tutupnya.