PT. KPC Siap Salurkan CSR Di Desa Nanga Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. PT. Kartika Prima Cipta ( KPC ) mengadakan pertemuan dengan masyarakat yang merupakan perwakilan dari 4 dusun di Desa Nanga Suhaid tentang program Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung pertemuan Desa Nanga Suhaid, dihadiri kurang lebih 60 orang termasuk Pihak PT KPC, Fasilitator, Kepala Desa, BPD, Pendamping desa, tokoh agama, Masyarakat dan karyawan PT. KPC, pada tanggal 2 September 2019.

Kholil Yahya selaku staf CSR PT. KPC menuturkan program pemberdayaan yang akan dikelola oleh masyarakat Desa Nanga Suhaid dan Desa Tanjung Harapan.

”Program CSR pada 2 desa di Kecamatan Suhaid ini berupa peternakan ayam petelur yang disinkronisasi dengan program pertanian sayur mayur, ” tuturnya.

Kholil menambahkan, “Program CSR ini adalah program pemberdayaan masyarakat, artinya program yang dikelola oleh perusahaan bersama fasilitator dan masyarakat, dengan tujuan sebagai bagian dari pembelajaran untuk masyarakat dalam berternak ayam petelur dan pertanian sayur mayur, dan kita berharap bumdes nantinya sebagai finishing dalam pemasaran, sehingga ke depannya masyarakat bisa secara mandiri dalam usaha tersebut”.

Suhaidi selaku fasilitator, tidak hanya menuturkan strategi pertanian, namun juga mendorong semangat masyarakat dalam melaksanakan program CSR.

”Terkait pertanian, tentunya kita memerlukan pupuk, nah kotoran ayam petelur itu yang kita manfaatkan, kita bisa belajar membuat kompos, mol, hormon agar subur merata, pupuk cair, racun hama dari tanaman dan pupuk organik cair untuk buah, intinya tidak ada kata terlambat untuk memulai, tapi harus ada kemauan dari diri kita”. Jelasnya.

Senada dengan yang disampaikan pihak PT KPC, Aslimsyah selaku ketua BPD Nanga Suhaid merespon positif dan memberikan motivasi kepada masyarakat terkait CSR tersebut.

”Ini peluang kita untuk belajar, hasil dari pembelajaran bisa kita kembangkan sebagai usaha rumahan”. jelas Aslimsyah.

Ekhsan selaku kepala Desa Nanga Suhaid mengapresiasi program CSR dari PT.KPC. ”Kami sangat mengapresiasi CSR ini, dan kami berterima kasih kepada PT KPC yang telah memilih Desa Nanga Suhaid sebagai sasaran CSR tahun ini, dan ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam memberikan pemasukan kepada masyarakat.” tutupnya.

Pada tahun 2019 ini program CSR atau bantuan pemberdayaan kepada masyarakat oleh PT. Kartika Prima Cipta yang merupakan perusahaan perkebunan kelapa sawit, sasaran pada 3 desa, yaitu Desa Nanga Suhaid, Desa Tanjung Harapan dan Desa Marsedan Raya. Namun untuk tahun 2018 lalu sasaran CSR adalah Desa Mantan dan Desa Menapar.