Semarak Menyambut 1 Muharram dengan Pawai


By. KIM Juragan.

Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah, siswa dan siswi MIN Kapuas Hulu, MTSN 1 Kapuas Hulu dan MAN 1 Kapuas Hulu pawai menempuh jarak sekitar 3 km dan diikuti oleh 1.481 siswa dan juga guru, sabtu 31/8/2019.

Peserta pawai ini dilepas oleh Bapak Ali Fahrudin Nasution, S.Pd.I., M. Sy. Selaku Kasi Pendidikan Agama Islam yang saat ini sebagai Plh. Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas Hulu. Peserta dilepas pada pukul 07.30 WIB.

Kegiatan ini turut menarik minat masyarakat untuk melihat maupun mengabadikannya dengan kamera ponsel mereka.

Tujuan kegiatan ini tentunya sebagai bagian dari syiar islam yang harus tetap digalakan. Tentunya kita ingin lebih meriah dari tahun baru masehi. Tujuan lainnya yaitu untuk mengenang sejarah peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah dalam menyampaikan dakwah Islam, sebagai pembelajaran dan pembiasaan kepada anak-anak didik dalam mengisi kegiatan tahun baru Islam dengan hal-hal yang positif dan religius, meningkatkan ukhuwah islamiyah sesama umat muslim dan menjaga toleransi antar umat beragama.

Iskandar Syahputra Gunawan M. Pd. I. Selaku ketua panitia menyampaikan harapannya kepada masyarakat muslim umumnya dan siswa siswi yang berpartisipasi khususnya yaitu,
“Dengan datangnya Tahun Baru Islam 1441 H. umat Islam diajak untuk mengingat kembali pentingnya akhlak mulia yang bersumber dari Alquran. Yakni, dengan menjauhi larangan Allah SWT dan melaksanakan perintah-Nya. Tahun Baru Islam juga menjadi pengingat akan puncak kejayaan Islam sebagai rahmatan lil a’lamin yang membawa kebaikan, kebenaran, serta mengajarkan cinta dan kasih sayang pada manusia dan alam semesta.”

“Tahun Baru Islam menandakan umat Islam meninggalkan tahun yang lalu 1440 H dan memasuki tahun baru 1441 H,
Rasulullah SAW mengajarkan umat Islam untuk menyambut Tahun Baru Islam dengan intropeksi diri, khususnya mengingat amalan dan dosa apa saja yang telah dilakukan.Dengan ini, diharapkan umat Muslim kedepannya dapat memperbanyak amal ibadah dan menghindari dosa di tahun selanjutnya.” Tambahnya. (Usmardan)