Giat Bursa Pertukaran Inovasi Desa di Semitau

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Desa. Giat bursa pertukaran inovasi desa tahun 2019 dilaksanakan di Gedung Olahraga Semitau, Rabu (28/08/19). Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa – desa di lingkungan Kecamatan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari model pengelolaan inovasi di tingkat kabupaten.

Junaidi, S.Pi selaku Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan tujuan inovasi desa adalah untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa.

Camat Semitau H. Mas Hidayat, S.Pd, M.Pd mengharapkan kepada semua kepala desa di Kecamatan Suhaid dan Semitau untuk saling belajar. ”kita harus bergerak cepat, kegiatan ini untuk saling belajar untuk kemajuan desa kita”, tegasnya.

Berdasarkan Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa bahwa Desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2015. Dengan adanya kucuran dana tersebut, tentunya diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Oleh karena itu, Program Inovasi Desa (PID) dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. Sehingga, pembangunan desa tidak hanya terfokus pada kegiatan infrastruktur saja, namun kegiatan – kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat porsinya dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) juga harus dioptimalkan.

Dalam kesempatan giat itu juga, Joko Kusmanto, SH menuturkan bahwa yang paling berperan dalam program inovasi desa adalah kepala desa dan BPD.

”Nantinya yang berperan aktif dalam program inovasi desa adalah kepala desa dan BPD yang dibantu oleh PLD dan KPM (kader pemberdayaan masyarakat), dan kami berharap ini adalah momen tepat dalam pertukaran ide dan gagasan” tuturnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh muspika Kecamatan Suhaid dan Semitau, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Tenaga ahli P3MD, Pendamping desa dan pendamping lokal desa se Kecamatan Suhaid dan Semitau, serta Jajaran pemerintahan desa dari 2 kecamatan tersebut, KPM dan masyarakat.