GIAT SOSIALISASI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT OLEH EARTHWORM FOUNDATION

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Earthworm Foundation (EF) mengadakan sosialisasi di Desa Nanga Suhaid yaitu dusun kampung masjid dan dusun kampung keraton tentang rurality Earthworm Foundation di Nanga Suhaid dan rencana pengembangan kelompok usaha bersama, kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 agustus 2019.

Tujuan sosialisasi itu agar masyarakat mengetahui kegiatan rurality yang berada di Desa Nanga Suhaid serta menyampaikan kegiatan-kegiatan yang ada seperti demplot perikanan yang berlokasi di Keladan raya yang memproduksi ulat maggot, Kecoa Dubia, kodok bullfrog, pembenihan ikan mas, dan Pembuatan pellet. Dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir tim lapangan dari Earthworm Foundation yaitu M. Khotim Hidayat ( Area Coordinator Kapuas Hulu) dan Moch Ichwan Putra Perkasa serta Tri Martono ( Technical Support ).

Moch Ichwan Putra Perkasa berharap agar sosialisasi tersebut bisa terserap oleh masyarakat.

“saya berharap masyarakat mampu menyerap dan mengadopsi kegiatan – kegiatan yang ada, sehingga mampu untuk memenuhi kebutuhan pakan arwana dari dalam dan tidak tergantung dari luar, serta bisa dijadikan suatu usaha yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sejak mei 2018 lalu, beberapa pelatihan budidaya seperti maggot sudah dilakukan kepada masyarakat dan Earthworm Foundation akan terus mengembangkan pengetahuannya kepada masyarakat luas yang jauh dari keladan raya, tentu salah satunya melalui sosialisasi.