Sarana Prasarana Sekolah Sangat Dibutuhkan SMPN 4 Satap Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. SMP Negeri 4 Satap Suhaid merupakan satu satunya yang ada di Kecamatan Suhaid, hal tersebut berdasarkan kebutuhan dan kelayakan karena lokasi geografis Desa Madang Permai dari desa lain dipisahkan oleh sungai kapuas, sehingga siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan di SDN 03 Suhaid bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP dengan tidak harus bersusah payah menyeberangi sungai.

Manajemen Berbasis Sekolah dalam satu atap (Satap) merupakan program pemerintah yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang sudah dicanangkan sejak tahun 2005 dan merupakan program pemerintah dalam upaya mensukseskan wajib belajar 9 tahun. Program satap adalah jenjang pendidikan SD-SMP dimana kegiatan belajar mengajar dilakukan sebenarnya dalam satu atap ( lokasi ) dengan tujuan memberi kesempatan dan mempermudah anak – anak untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak sampai jenjang SMP.

Saat ditemui di ruang kantornya pada hari rabu tanggal 21 agustus 2019, M.Thasleh selaku kepala SMPN 4 Satap menjelaskan perkembangan dan kebutuhan sekolahnya.

”Saat ini jalan ke 2 tahun aktivitas disekolah ini, guru tetap 2 orang, siswa sudah mencapai kurang lebih 50 orang karena hanya berharap dari SDN 03 sebagai penyuplai siswa disini.

saya berharap kepada dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten kapuas hulu agar bisa menjembatani kebutuhan sekolah ini, nah “sebagai penunjang pendidikan tentunya sarana dan prasarana juga sangat kami butuhkan, diantaranya komputer untuk persiapan ujian nasional, laboraturium, dan pelataran sekolah sebagai tempat upacara, olahraga dan kegiatan lain karena lokasi sekolah ini diatas air apabila banjir.” tuturnya.

Bagong Kusnadi,S.Pd selaku guru tetap juga menambahkan bahwa dukungan masyarakat Desa Madang Permai dan stakeholder sangat dibutuhkan.

”selama ini support masyarakat dan stakeholder juga besar, dan itu yang kita butuhkan untuk memajukan sekolah ini, rasa memiliki yang tinggi terhadap sekolah ini akan membuat sekolah cepat berkembang. Sehingga apapun yang menjadi kekurangan dan kebutuhan sekolah bisa diatasi bersama, ” tutupnya.