Posyandu Bina Sejahtera Desa Namga Suhaid Aktif Laksanakan Pelayanan Kesehatan

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Posyandu Bina Sejahtera Desa Nanga Suhaid Kecamatan Suhaid setiap tanggal 22 selalu memberikan pelayanan. Kegiatan tersebut mendapat antusias dari masyarakat, terlihat dari banyaknya dan bertambahnya ibu hamil dan ibu menyusui serta balita yang hadir posyandu.(22/08/2019).

Posyandu adalah kegiatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan dari Puskesmas, dimana program ini dapat dilaksanakan dibalai dusun, balai desa, maupun ditempat-tempat lain yang mudah didatangi oleh masyarakat. Namun umumnya Posyandu saat ini telah memiliki tempat layanan sendiri dari anggaran pemerintah.

Posyandu merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang memudahkan masyarakat mengetahui atau memeriksakan kesehatan terutama ibu dan balita. Posyandu juga merupakan jembatan utama puskesmas dalam memberikan pelayanan kesehatan. Peran posyandu sangat penting karena posyandu sebagai wahana pelayanan pada tingkat yang paling dasar yang memberikan pelayanan dan pemantauan kesehatan secara terpadu melalui kegiatan penimbangan bayi dan anak, pemberian makanan tambahan, pelayanan imunisasi, pemeriksaan kehamilan, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Manfaat posyandu bagi masyarakat yaitu memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan bagi anak balita dan ibu, pertumbuhan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang atau gizi buruk. Sehingga, pengetahuan orang tua mempengaruhi dalam masalah kesehatan untuk anak-anaknya. Terlebih anak-anak usia balita yang pada umur tersebut mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan sangat rentan akan wabah penyakit.

Peran orangtua juga sangat penting terhadap kesehatan balitanya yaitu seperti menimbang berat badan balitanya setiap bulan dengan datang ke Posyandu, memeriksakan balitanya jika sakit, memantau tumbuh kembang anak, sehingga kesehatan anak bisa terpantau dengan baik dengan peran serta orangtua yang aktif untuk datang ke Posyandu.