Pemerintahan Desa Harus Perhatikan PAUD dan Posyandu

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu terus mendorong agar Posyandu dan PAUD di masing – masing desa bisa mendapat perhatian khusus dari pemerintahan desa. Posyandu dan PAUD merupakan dua hal mendasar yang perlu diperhatikan agar anak-anak memiliki pondasi yang kuat dalam pembentukan karakter, menjadi sumber daya manusia yang unggul.

Kepala Dinas PMD Kapuas Hulu Alpiansyah menilai, pemerintah saat ini terus menekankan agar terciptanya SDM yang unggul di desa.

“Bicara soal SDM yang unggul sesuai tema kita, ini harus kita mulai sekarang, beri tahu ke semua stakeholder di desa. Membangun SDM dimulai dengan pelaksanaan Posyandu dan PAUD, kalau itu belum beres jangan bermimpi ada SDM yang unggul, Danai PAUD dan Posyandu secara maksimal,” tutur Alpiansyah ketika membuka kegiatan Inovasi Kabupaten belum lama ini.

Alpiansyah berpendapat bahwa, dengan memberikan perhatian cukup pada PAUD dan Posyandu, merupakan wujud komitmen desa bersama pemerintah dalam mengentaskan masalah stunting.

“Karena dalam programnya di desa, Posyandu bisa memberikan makanan tambahan, mengurus ibu hamil secara maksimal, memastikan balita dan ibu hamil dan lansia datang ke Posyandu,” ujarnya.

Untuk itu Alpiansyah berharap agar aparatur desa terus meningkatkan kerjasama dengan para pihak di desa, terutama tenaga kesehatan dalam mengedukasi masyarakat, sehingga permasalahan stunting bisa ditangani dengan baik.

“Untuk itu, kita perlu bersama – sama, bergandengan tangan dalam melakukan pendekatan terus-menerus kepada masyarakat.

Kita harus komitmen menciptakan SDM unggul, dimulai dari aparatur desa, PKK, BUMDes dan komponen lainnya di desa,” tuntas Alpiansyah. (yohanes)