Peringati HUT RI Ke 74 Puskesmas Mentebah Adakan Gema Kasih Kemerdekaan

Dalam rangka memperingati HUT Proklamasi Kemerdekaan RI Ke 74 tahun 2019, Puskesmas Mentebah mengadakan acara pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat setempat, dengan tema “Gema Kasih Kemerdekaan” dilaksanakan di lapangan sepak bola Gelora Munggu Tapang, Desa Nanga Mentebah Kecamatan Mentebah.

Acara pemeriksaan kesehatan gratis dibuka langsung oleh Camat Mentebah Jabaruddin, S.Sos.,M.Si, didampingi Kapolsek Mentebah IPTU Surarso, dan Kepala Puskesmas Mentebah Dy. Surawati, A.Md., Keb. Hadir segenap unsur pemerintahan Kecamatan Mentebah, masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Kepala Puskesmas Mentebah Dy. Surawati, A.Md., Keb menyampaikan, dalam kegiatan tersebut, pihaknya melaksanakan serangkaian kegiatan sosial yang meliputi skrining usia produktif (15-59 tahun), skrining usia lanjut (>60 tahun), pemberian Vitamin A. Disamping itu, Puskesmas Mentebah juga bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kecamatan Mentebah yang menggelar lomba memasak dengan menu dari ikan.

“Dalam skrining usia produktif untuk usia 15 sampai dengan 59 tahun, kita melakukan pemeriksaan yang terdiri dari mengukur tekanan darah,  berat badan,  tinggi badan,  lingkar perut, pengecekan gula darah sewaktu, tujuannya untuk mencegah penyakit tidak menular (hipertensi dan diabetes),” tutur Surawati.

Lebih lanjut Surawati menambahkan, untuk skrining lansia kegiatan juga sama seperti usia produktif, dan ditambah dengan Pengkajian Paripurna Pasien Geriatri (P3G) dari program Promkes, staf Puskesmas yang merupakan Nusantara Sehat Individu, sekaligus mengadakan games ular tangga bersama anak-anak. “Dimana pada setiap persinggahan diberikan pertanyaan, dan jika benar mendapatkan hadiah,” kata dia.

Sedangkan pemberian vitamin A diberikan pada balita yang belum mendapatkan vitamin A di Posyandu. Setiap balita kata Surawati yang mendapatkan vitamin A diberikan hadiah berupa balon.

“Ini dilakukan agar balita tidak takut dan merasa asing dengan petugas kesehatan yang identik dengan suntikan,” jelas Surawati. Selanjutnya kata Surawati, Tim Penggerak PKK Kecamatan Mentebah berkerja sama dengan Puskesmas setempat mengadakan lomba memasak menu dari ikan dengan 4 bintang (menu yang terdiri dari 4 (empat) jenis, sumber karbohidrat,  protein hewani,  protein nabati,  sayuran) yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.