Pembangunan Jembatan Di Wilayah Perbatasan

Pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kapuas Hulu terus ditingkatkan, baik jalan maupun jembatan, tahun 2019 ini ada tiga jembatan di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia sedang dikerjakan.

Sejalan dengan program Pemerintah Pusat yang fokus dengan pembangunan wilayah perbatasan, antara lain di Kecamatan Puring Kencana dan Kecamatan Empanang, dua wilayah yang tepat berbatasan dengan malaysia, menjadi poros pembangunan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu. Dengan struktur bangunan besi diharapkan mampu bertahan lama sehingga menunjang kehidupan perekonomian masyarakat perbatasan, apalagi ruas jalan perbatasan sudah dibangun pada tahun 2018.

“Tiga jembatan yang sedang kita bangun tahun 2019 ini yakni Jembatan Sungai Upak di Kecamatan Empanang, Jembatan Sungai Panglima dan Jembatan Sungai Anggau di Kecamatan Puring Kencana” kata Dedy, S.T.,M.T, Kepala Bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu.

Dedy, S.T.,M.T menjelaskan ketiga jembatan tersebut dibangun mengunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Penugasan, dua wilayah perbatasan ini perlu diperhatikan infrastrukturnya, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalu Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu terus menganggarkan dana untuk infrastruktur jalan maupun jembatan untuk dua Kecamatan perbatasan ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Ana Mariana,S.T.,M.M, mengatakan pembangunan Jembatan di wilayah perbatasan ini sudah menjadi prioritas baik pemerintah pusat maupun daerah, tahun lalu kita sudah bangun jalannya, sekarang kita akan mengerjakan jembatannya, guna kelancaran mobilisasi masyarakat sekitar, sehingga mampu meningkatkan sektor perekonomian, pendidikan, dan lainnya.

Pembangunan ini dilakukan untuk mengurangi kesenjangan pembangunan, sehingga masyarakat juga merasakan kehadiran pemerintah dan tidak terpaku kepada negara tetangga. Tidak tanggung-tanggung anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk menangani wilayah ini” ucapnya.

PPK Melakukan Monitoring Jembatan Sungai Panglima Kecamatan Puring Kencana