Tokoh Masyarakat di Perbatasan Ajak Generasi Muda Manfaatkan Momen IT

KIM Juragan.

Berbicara tentang dampak teknologi, dengan adanya kegiatan pramuka, pelatihan dan lain sebagainya, lewat itulah kami mengingatkan kader-kader pramuka untuk bisa memanfaatkan moment Informasi Teknologi (IT).

Ketua kwartir cabang Kabupaten Kapuas Hulu Agus Mulyana, di Bumi Perkemahan Alambhana Wanawai Komplek Kodim 1206 Putussibau. Mengajak generasi muda menjadikan IT sebagai peluang untuk bisa meningkatkan berbagai hal-hal yang positif.

“Dalam beberapa kegiatan kami memberikan pemahaman, IT itu bukan dijadikan musuh,  tapi sahabat apabila digunakan secara positif.”

Di Hari Ulang Tahun RI ke-74 ia menyampaikan pesan kepada masyarakat, bahwa kita ini adalah penerus perjuangan Kemerdekaan RI. Siapa lagi kalau bukan kita yang meneruskan perjuangan.

Ia mengajak peran aktif masyarakat selama kegiatan pelaksanaan HUT RI, dan menghormati simbol-simbol negara, dimulai dari memasang bendera di halaman rumah, secara tidak langsung kita telah memberikan edukasi kepada anak-anak. “Kita selaku orang tua perlu mengingatkan kepada generasi penerus, agar mereka paham mengenai simbol negara yang harus dihormati.”

Kegiatan pramuka diharapkan adanya peningkatan tentang wawasan kebangsaan. Setiap kwartir gerakan pramuka memulai kegiatan pra siaga. Ia menghimbau kepada seluruh generasi muda bumi Uncak Kapuas, khususnya pramuka, meningkatkan keikutsertaannya di dalam kepramukaan.

Selanjutnya, untuk kecamatan yang belum memiliki gugus depan, segera membentuk, terutama penegak. Belum semua kecamatan ada.

“Kami berharap dari kegiatan pramuka, anak-anak semakin memahami bahwa hidup secara bersama-sama di luar suatu wadah. Tak ada yang bisa hidup sendiri,” tuturnya.

Ia juga menerangkan, Pramuka tidak boleh masuk ke dalam ranah politik, akan tetapi untuk personal silahkan bagi yang ingin terjun, tapi tidak boleh membawa organisasi. (Ria)