KOMUNIKASI RUTIN WUJUD SINERGITAS LEMBAGA PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DI SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita, selaku warga negara, dengan mengerahkan aparat penegak hukum seperti Polri dan TNI, namun sebagai masyarakat kita tetap bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing.

Seperti yang telah kita tahu bahwa sekarang aparat pemerintah telah melaksanakan tugas dengan jauh lebih baik. Mereka menjalankan fungsinya setiap hari dengan disiplin.

Di suhaid kita telah mengenal adanya program pengamanan tidak hanya dilakukan oleh TNI maupun Polri, tapi lingkungan pemerintah kecamatan sampai desa serta oleh lembaga masyarakat yang sangat efektif karena telah dilaksanakan dengan baik .

Meskipun demikian, kita harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindakan negatif yang bisa saja terjadi sewaktu – waktu yang tak terduga. Untuk itu, Muspika kecamatan suhaid secara rutin melakukan komunikasi kepada semua sektor, baik itu lembaga pemerintahan desa, pihak perkebunan, maupun masyarakat.

Manfaat Besar sebuah komunikasi yaitu tercipta lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman adalah tempat yang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu pada tanggal 17 agustus 2019 digedung pertemuan desa nanga suhaid, yang dihadiri oleh muspika, kepala desa se kecamatan suhaid, pihak perkebunan, organisasi masyarakat dan tokoh masyarakat mengadakan komunikasi yang juga merupakan wujud dari sinergitas pemerintah dan masyarakat.

Terlebih rencana kegiatan hiburan masyarakat suhaid dalam menyemarakkan peringatan HUT RI ke 74 ini yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, di pasir tanjung kersik desa nanga suhaid sangat dibutuhkan kerjasama semua pihak dalam menjaga keamanan.

Maka dari itu, jika hubungan antar pemerintah dan warga berjalan dengan baik, maka persoalan-persoalan di lingkungan secara umum pun akan dengan mudah diatasi, sehingga terciptalah kehidupan yang aman dan nyaman pada kegiatan nantinya yang merupakan upaya mewujudkan keamanan lingkungan yang bisa dilakukan.