Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu Adakan Pelatihan GIS Tingkat Dasar

Facebook
Twitter
LinkedIn
Tampak keseriusan peserta mengikuti pelatihan raktek GIS di lapangan

BAPPEDA Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan pelatihan GIS tingkat dasar dengan bekerja sama dengan pihak GIZ. GIZ atau Deutsche Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit merupakan perusahaan internasional milik pemerintah federal Jerman yang beroperasi pada berbagai bidang di lebih dari 130 negara.

GIS adalah Geographic Information System atau sistem informasi geospasial merupakan sistem informasi keruangan yang berkemampuan untuk membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis. Keluaran dari sistem informasi ini adalah berupa peta.

Pelatihan GIS tingkat dasar ini dibuka oleh Kepala Badan Perencanaan
Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu H. Abang M. Nasir, S.Sos. Pelatihan GIS tingkat dasar yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 07- 10 Agustus 2019 di Aula Bappeda mendapat respon yang sangat positif dan antusias dari para peserta. Kegiatan ini diikuti oleh 35 (tiga puluh lima) orang peserta yang terdiri dari 13 (tiga belas) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu.

Materi pelatihan dalam membuat peta dasar, selain mengolah data yang
disediakan peserta juga melakukan pengambilan titik lokasi secara langsung menggunakan GPS ataupun aplikasi android karena penitikan lokasi dapat pula dilakukan menggunakan aplikasi yang dapat di unduh di gadget atau smartphone.

Pengambilan titik lokasi secara langsung ini dilaksanakan pada hari kedua kegiatan, dengan rute yang tidak jauh dari aula Bappeda, yaitu dari Kantor DPRD, Kantor Kejaksaan, Kantor Bupati, GOR Uncak Kapuas, Tugu Pancasila hingga ke SMPN 1 Putussibau. Peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pengambilan titik lokasi ini, meskipun di dibawah terik matahari.

Diharapkan dengan pelatihan ini, para peserta nantinya dapat membantu proses dilapangan dan mengaplikasikan ilmu yang sudah diajarkan pada saat pelatihan agar berguna dan bermanfaat untuk masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu.

Acara ini ditutup oleh Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Indra Kumara, S.Hut.M.Si. (10/08/19), dengan sesi foto Bersama, dalam sesi ini peserta memegang masing-masing hasil peta yang telah dibuat pada hari ke 2 (dua) dan hari ke 3 (tiga) pelatihan. (EF)

Foto bersama Peserta Pelatihan GIS dengan Sekretaris Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu yaitu Bapak Indra Kumara, S.Hut.M.Si.

Berita Lainnya

Pelepasan Siswa/Siswi Kelas IX SMPN 01 Empanang

Sekretaris Kecamatan Empanang bapak Akuarius Medang, S.Pd dan Kasi Kesra Sema Yasinta, Amd.Kep menghadiri Undangan pelepasan siswa/siswi SMPN 01 Empanang. Kegiatan dilaksanakan

Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN

Camat Empanang Menghadiri Undangan dari PT.Buana Tunas Sejahtera, PT Sentrakarya Manunggal, PT Mandala Intan Jaya mengadakan Sosialisasi dan Pelatihan KARHUTLABUN. Dalam rangka

info.kapuashulukab.go.id | develop by Diskominfotik Kapuas Hulu | © 2019  | Privacy Policy