Rangkaian kegiatan HUT Republik Indonesia di Smansa

by. KIM Juragan.

SMA Negeri 1 Putussibau mengadakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. pembukaan rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan pada kamis, 15/19 pukul 10.45 WIB dalam cuaca hujan namun  antusias para siswa sangat luar biasa.

Kegiatan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 ini dilaksanakan dari tanggal 15-17 agustus 2019. Ada banyak lomba yang dilaksanakan pada Peringatan kali ini yaitu,  Lomba Tarik Tambang, Lomba Balap Karung, Lomba Estafet Sarung, Lomba Panjat Pinang,  dan
Dekorasi Kelas Bertema Kemerdekaan.

Seluruh rangkaian lomba tersebut dilaksanakan di lapangan dan ruang kelas SMA Negeri 1 Putussibau. Dan peserta adalah seluruh Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Putussibau.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperingati HUT RI ke-74 di lingkungan SMA Negeri 1 Putussibau, Menumbuhkan rasa kekeluargaan dan meningkatkan jiwa sportifitas dalam meraih prestasi.

Ketua panitia Jamalludin mengharapkan seluruh kegiatan dilaksanakan sesuai Program tanpa ada kesalahan. Karena Peringatan HUT RI sudah dipersiapkan dengan matang.

Kepala SMA Negeri 1 Putussibau Bapak Mochamad Djusanudin mengatakan peran pelajar dalam memperingati HUT republik Indonesia adalah “Pelajar memiliki peran dan tugas yang harus dilaksanakan untuk mengisi kemerdekaan. Pelajar merupakan bagian dari pemuda bangsa yang akan menjadi penerus bangsa ini. Sebagai generasi penerus bangsa, para pelajar dituntut bekerja keras dan belajar dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan kualitas dirinya. generasi berkualitas pasti diperlukan untuk memajukan bangsa,” tuturnya.

“Perjuangan pelajar sebagai generasi muda saat ini tidak lagi mengangkat senjata dan berlaga di medan perang melawan penjajah yang tampak. Masa itu telah berlalu. Pelajar sebagai generasi penerus bangsa harus berjuang untuk melawan kebodohan, kemiskinan, rasa malas, rasa mudah menyerah yang dapat merugikan masyarakat dan bangsa”, tambah beliau.

“Generasi muda Indonesia harus sehat jiwa dan raganya. Ia harus berpendidikan, pantang menyerah, pekerja keras, kreatif, berakhlak mulia, cinta tanah air dan bangsa,” punkasnya. (Usmardan).