Pertunjukan Spektakuler Siswa Smansa untuk Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

by. KIM Juragan.

Kamis (15/8/2019), pada acara pembukaan Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di SMA Negeri 1 putussibau. Beberapa siswa-siswinya menampilkan bakat dan talentanya yang diasah melalui ekskul.

Didalam kegiatan pembukaan antusias para siswa sangat luar biasa,  bahkan siswa yang menunjukkan bakat nya dengan penampilan -penampilan terbaik nya walaupun cuaca dalam keadaan hujan.

Ada dua penampilan pada pembukaan acara tersebut yaitu, Tari dan Pencak Silat. Walaupun pada pembukaan tersebut cuaca agak kurang mendukung,  tidak menyurutkan semangat siswa-siswi dalam menampilkan yang terbaik dan memberi persembahan untuk Peringatan HUT RI yang ke-74.

Tari yang dipertunjukkan adalah Tari Dayak Kreasi.  Tarian ini diperankan oleh dua orang siswi SMA Negeri 1 Putussibau yang bernama Ariska Prawesti Swandini & Alycia Mychioka Bara. Mereka berdua mengatakan bahwa mereka melakukan persiapkan selama 1 malam untuk penampilan Tarian tersebut .

Penampilan kedua yaitu Pencak Silat, yang mereka pertunjukkan yaitu Seni Regu Pencak Silat yang ditampilkan oleh 12 orang siswa-siswi, 8 orang siswa dan 4 orang siswi. Para siswa-siswi ini mempersiapkan penampilan ini selama kurang lebih satu minggu.


Salah satu siswa yang ikut menampilkan Seni Regu Pencak Silat Muhammad Irfan mengatakan bahwa mereka akan selalu melestarikan budaya sendiri salah satunya Pencak Silat yang membantu membidani lahirnya Kemerdekaan Indonesia.

Penampilan pencak silat ini sangat ekstrim seperti memecahkan balok semen menggunakan kepala,  bergelantung di lampu neon, memecahkan keramik menggunakan bohlam. Dan menyemprotkan api dari mulut. 

Atraksi ini menjadi lebih ekstrim karena yang melakukannya adalah para pelajar SMA Negeri 1 Putussibau, yang Seharusnya diusia mereka adalah untuk belajar, tetapi mereka juga bisa melakukan hal ekstrim seperti itu. (Usmardan).