GIAT SOSIALISASI DAN IMPLEMENTASI DCTS OLEH IKIP PGRI PONTIANAK DI SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. IKIP PGRI Pontianak dengan program studi pendidikan biologi melaksanakan kegiatan sosialisasi dan implementasi model double critical technology society (DCTS) serta pembimbingan karya tulis ilmiah guru.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung SMA Negeri 1 Suhaid pada tanggal 14 s/d 15 agustus 2019 yang difasilitasi oleh IKIP PGRI Pontianak dan SMA Negeri 1 Suhaid, kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta yaitu guru IPA tingkat SMP dari 4 kecamatan yaitu seberuang, semitau, suhaid dan selimbau, serta guru SMAN 1 suhaid dan mahasiswa ppl dari universitas kapuas sintang dan stkip persada khatulistiwa sintang.

Yogi, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan mengatakan bahwa peserta akan diberikan sertifikat dalam kegiatan tersebut.

“Nanti semua peserta akan diberikan sertifikat yang bisa digunakan untuk pengajuan kenaikan pangkat, “ungkapnya.

Dalam sambutannya, Ivan Eldesdafrita, S.Si, M.Pd selaku ketua prodi pendidikan biologi menuturkan bahwa tujuan seminar tersebut dikhususkan untuk penelitian tindakan kelas (ptk).

” kami mengapresiasi keikutsertaan peserta dan Tujuan dari kegiatan ini adalah penerapan model double critical technology society (DCTS) serta pembimbingan karya tulis ilmiah khusus penelitian tindakan kelas (ptk),” tuturnya.

Saat membuka acara seminar, Edy Usman, S.Pd selaku Koordinator Pendidikan (Kordik) kecamatan suhaid mengatakan bahwa karya ilmiah merupakan bentuk peningkatan kompetensi guru.

“Bagi seorang guru kegiatan seperti ini sangat penting, karena dalam penulisan karya ilmiah, ini merupakan salah satu usaha meningkatkan kompentensi guru dan karya ilmiah merupakan syarat dalam pengajuan kenaikan pangkat,” jelasnya.