DISNAKERINTRANS MONITORING DAN EVALUASI PELAKU IKM DI DESA NANGA SUHAID KECAMATAN SUHAID

Bidang Perindustrian Disnakertrans melakukan monitoring dan evaluasi pelaku IKM di Desa Nanga Suhaid Kecamatan Suhaid.  Kegiatan monitoring dan evaluasi tersebut dihadiri oleh Kepala Bidang Perindustrian beserta Staf, Camat Suhaid, Kepala Desa dan perangkat Desa Nanga Suhaid, Pendamping Desa, Pengurus dan Anggota PKK, serta Para pelaku IKM tanggal 3 s/d 4 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut sangat penting karena IKM merupakan sektor usaha yang mendominasi populasi industri dalam negeri serta berperan penting dalam pembangunan ekonomi nasional.  Pertumbuhan Industri Kecil Menengah (IKM) relatif stabil.  Tidak hanya itu, kemampuan IKM untuk menyerap tenaga kerja sangat tinggi. Oleh karena itu, Dinas tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi melalui Bidang Perindustrian sedang giat-giatnya melakukan pendataan IKM dan pelaku-pelaku IKM di Kabupaten Kapuas Hulu.  Menurut Kepala Bidang Perindustrian Hasnul Shabri, S.P., M.Sc. IKM dan Pelaku-Pelaku IKM di Kabupaten Kapuas Hulu masih sangat banyak yang belum terdata.

 Pak Enol panggilan akrab Kabid Perindustrian merincikan bahwa sebetulnya di Kecamatan Suhaid  terdapat banyak pelaku IKM diantaranya 28 IKM usaha madu dan 15 IKM usaha anyaman, tetapi masih juga banyak yang belum terdata. Beliau berharap seluruh Pelaku IKM di Kecamatan Suhaid khususnya Desa Nanga Suhaid bisa terdata pada Bidang Perindustrian.  Hal tersebut bertujuan agar dapat dilakukan pembinaan yang terencana, terarah, tepat sasaran dan sekaligus meningkatkan produktivitas serta kontinyuitas program kegiatan. Oleh karena itu, perlu adanya sinergi antara DISNAKERINTRANS dalam hal ini Bidang Perindustrian, Pihak Kecamatan Suhaid, Desa dan Pelaku IKM agar dapat terpantau dan terbina dengan baik. 

Pada kesempatan yang sama Camat Suhaid  Joko Kusmanto, S.H. mengatakan bahwa terkait dengan Pelaku IKM di Kecamatan Suhaid perlu dilakukan pendataan secara baik serta memberikan motivasi kepada calon-calon Pelaku IKM.  Padahal Kecamatan Suhaid memiliki potensi yang sangat besar terhadap pertumbuhan dan perkembangan lahirnya IKM-IKM baru yang produktif.  Pernyataan Camat diaminkan oleh Kepala Desa Nanga Suhaid Ikhsan yang baru menjabat 1 (satu) tahun