Raimuna cabang dan hari Ulang Tahun Pramuka ke-58 di Bumi Uncak Kapuas

by. KIM Juragan

Raimuna cabang dan hari Ulang Tahun Pramuka ke-58 dilaksanakan dari tanggal 14-17 Agustus 2019 diadakan oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu di Bumi Perkemahan Alambhana Wanawai Komplek Kodim 1206 Putussibau.

Aliyanto S.E atau dalam kegiatan pramuka akrab disapa Cik Yanto mengatakan bahwa “Raimuna Cabang baru pertama kali dilaksanakan di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan Raimuna ini kita kolaborasi dengan kegiatan HUT Pramuka yang ke-58.”

Total keseluruhan peserta kurang lebih 600 orang. Terdiri dari Putra dan Putri terbaik Kabupaten Kapuas Hulu yang dikirim dari Kwartir Ranting atau kecamatan-kecamatan yang ada. Pesertanya ada 15 Kwaran dari 23 kwaran yang ada di Kabupaten Kapuas Hulu. Ada beberapa Kwaran yang tidak ikut berpartisipasi karena Banyak Kwaran yang belum mempunyai penegak dan pandega. Dan kegiatan Raimuna ini hanya ditujukan kepada Penegak dan Pandega saja.

Ada berbagai kegiatan yang diadakan,  baik yang dilaksanakan di area perkemahan maupun diluar.  Kegiatan yang diluar area perkemahan yaitu,  kegiatab yang bersifat edukasi yang dilaksanakan di Kantor Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun,  ada kegiatan pemahaman penanggulangan bencana terutama Kebakaran dan Karhutla yang akan dilaksanakan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Ada juga kegiatan Halang Rintang dan Kegiatan Midnight Scout Adventure yang akan dilaksanakan di Batalion 644 Walet Sakti. Kegiatan Midnight Scout Adventure para peserta melakukan perjalanan dari Batalion 644 Walet Sakti menuju ke Kodim 1206 Putussibau. Ada juga kegiatan Karnaval, Pentas Seni Budaya Nusantara.

Cik yanto selaku ketua panitia juga mengatakan Harapannya untuk peserta Raimuna dan Perkemahan HUT Pramuka ke-58 yaitu, seorang pramuka adalah sebagai tunas-tunas penerus bangsa tentu saja kita harus membekali diri tidak hanya kesiapan fisik dan intelektual,  tentu saja harus ada mental dan spiritual didalamnya. Untuk penanaman karakter pada mental dan spiritual ada di Gerakan Pramuka. Dan mudah-mudahan dengan ikut kegiatan pramuka ini dapat terbentuk manusia-manusia yang handal dan mampu memegang estafet kepemimpinan kedepannya paling tidak dia mampu mampu memimpin dirinya sendiri. (Ria dan Usmardan).