LATIHAN AUBADE PERSIAPAN HUT RI KE 74 DI SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Menjelang pelaksanaan HUT RI ke 74 pada tanggal 17 Agustus 2019 di Suhaid, tidak hanya dilaksanakan latihan paskibra dan persiapan lainnya, namun hal yang penting juga harus dipersiapkan yaitu aubade. Kegiatan latihan aubade ini dilaksanakan di halaman kantor camat suhaid, yang dipimpin langsung oleh Bripka Jemmy dan diikuti oleh 60 siswa SMA Negeri 1 suhaid dan diiringi oleh drum band Madarasah Aliyah dengan 13 siswa sebagai pemain. (13/08/2019).

Latihan ini akan dilakukan secara intensif sampai tanggal 15 agustus mendatang karena biasanya yang menjadi kendala ialah mental yang douwn saat tampil, untuk itu persiapan mental menjadi fokus utama sebagai mana kesiapan vocal.

Aubade adalah istilah umum yang merujuk kepada nyanyian atau alunan musik untuk memberikan penghormatan pada pagi hari. Aubade biasanya dibawakan oleh banyak orang, bisa dalam bentuk paduan suara, nyanyian tunggal, atau kelompok musik. Aubade kerap kali ditambahkan sebagai bagian dari upacara perayaan hari peringatan kemerdekaan Republik Indonesia, yang ditampilkan saat dan setelah pengibaran bendera selesai. Lagu perjuangan, lagu nasional, dan lagu bertema patriotisme/nasionalisme yang dinyanyikan dalam aubade bertujuan untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam rangka ikut memerdekakan Indonesia. Selain itu juga untuk membangkitkan semangat seluruh generasi dalam rangka mengisi kemerdekaan.