Sambut Idul Adha, Pelajar Suhaid Gelar Pawai Keliling

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Setelah usai magrib suara takbir terus berkumandang di semua surau dan masjid menyambut Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada esok hari, 11 Agustus 2019 dan untuk memeriahkan hari raya Idul Adha ini siswa SMAN 1 Suhaid dan anak – anak Dusun Kampung Keraton Desa Nanga Suhaid menggelar pawai takbiran keliling.

Pawai dilakukan dari dua arah berbeda sehingga suasana menjelang lebaran haji ini terlihat lebih meriah, tak kalah dengan suasana hari raya Idul Adha sebelumnya pawai takbir keliling ini dilakukan dengan berjalan kaki.

Terlihat antusias masyarakat melihat pawai takbiran keliling , berbondong – bondong keluar dari rumah bahkan anak – anak pun secara spontan ikut bertakbir saat mendengar dan melihat rombongan pawai tersebut melewati depan rumah.

Aktivitas pawai takbiran keliling ini memang menjadi tradisi masyarakat suhaid, bukan hanya pada saat idul adha saja, tapi memeriahkan idul fitri juga ada pawai yang serupa. Namun menariknya kali ini ada kelap kelip lampu menghiasi gerobak yang telah di modifikasi, fungsi gerobak tersebut untuk memudahkan membawa sound system sebagai pengeras suara takbir.

Menurut Rosmiati selaku Guru SMA Negeri 1 Suhaid bahwa kegiatan pawai takbir keliling ini sudah disiapkan sejak jum’at lalu.

” Sejak jum’at kemarin anak SMA sudah menyiapkan perlengkapan obor dan sound system untuk pawai takbiran keliling dan pawai ini dipimpin oleh Khusairi selaku guru juga di SMAN 1 Suhaid”, tutupnya (10/08/2019).

Untuk pawai takbiran keliling dari Dusun Kampung Keraton Desa Nanga Suhaid dipimpin oleh bang Agus yang melibatkan anak – anak usia TK sampai SD.