Serah Terima KTP Dan KIA Milik Warga Desa Nanga Suhaid

Laporan KIM Entugan HuluA.

Hartawansyah Praniansyah

Operator SIAK dan operator KTP -L Kecamatan Suhaid melakukan serah terima KTP dan KIA milik warga kepada Ketua BPD Nanga Suhaid bertempat dikantor camat suhaid, Rabu (07/08/19). Proses penyerahan tersebut dihadiri oleh Camat dan Kasi Pemerintahan.

Camat Suhaid Joko Kusmanto berharap percepatan penyaluran dan agar dapat dipertanggungjawabkan pendistribusian ke pemiliknya.

“Penyerahan ini merupakan harapan kami agar terjadi percepatan penyaluran sehingga dapat dipertanggungjawabkan dan tepat sasaran “.ungkapnya.

Joko menambahkan bahwa khusus akta kelahiran wajib diambil oleh yang bersangkutan ke kantor camat.

Perekaman dan pengajuan pembuatan KTP, KK, Akta Kelahiran dan KIA difasilitasi langsung oleh Disdukcapil Kapuas Hulu pada tanggal 3 agustus 2019 di Desa Tanjung dan Kantor Camat Suhaid. Hasil dari perekaman dan pengajuan tersebut dengan keterbatasan blanko maka proses percetakan dilanjutkan di Disdukcapil.

Untuk Desa Nanga Suhaid, jumlah yang sudah tercetak, KTP -L sebanyak 23 buah, KIA sebanyak 26 buah dan untuk akta kelahiran se Kecamatan Suhaid sebanyak 27 buah.

Operator SIAK Kecamatan Suhaid Linda permatasasi mengatakan bagi warga yang belum tercetak KTP -L, KIA dan akta kelahiran diharapkan bersabar menunggu dari Disdukcapil.

”Terhambatnya pencetakan ini karena keterbatasan blanko, maka yang tercetak oleh Disdukcapil beberapa waktu lalu sesuai daftar yang kami berikan ke desa. Kita masih menunggu informasi dari Disdukcapil terkait yang belum tercetak, karena proses percetakan dilakukan oleh Disdukcapil.

“Diharapkan masyarakat untuk sabar menunggu, nanti jika sudah ada informasi dari Disdukcapil akan kami sampaikan ke masyarakat”, tutupnya.