Apel Siaga Tim Satgas Untuk Pencegahan Karhutala Di Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Tim satgas karhutla Desa Madang Permai menggelar apel siaga darurat pencegahan dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di halaman Kantor Camat Suhaid, Selasa (6/08/19). Apel siaga darurat ini dipimpin oleh camat Suhaid yang melibatkan muspika dan jajarannya, pihak PT.KPC, Manggala agni, KSDA resort 2 kecamatan semitau, aparatur desa, Kadarkum dan tim paskibra Kecamatan Suhaid.

Apel ini sebagai tindak lanjut dari apel siaga karhutla tingkat provinsi dan tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.

Peltu Edi Sarimin selaku Danramil suhaid menuturkan bahwa satgas terfokus pada pencegahan. ”Saat ini yang paling fokus kami lakukan ada upaya pencegahan dan jika nantinya ada titik api maka kami berharap tidak hanya dari tim gabungan ini, tapi elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan untuk membantu,” tuturnya.

Ditemui diakhir kegiatan, Camat Suhaid Joko Kusmanto berharap upaya pencegahan bisa maksimal.

“Saya berharap Tim satgas bisa secara maksimal dalam upaya pencegahan ini agar jika terjadi sesuatu pada kondisi tersebut bisa tertangani dengan baik dan harus ada sinergi antara semua elemen yang ada termasuk pihak PT KPC, pemerintah, satgas dan masyarakat”.

Penyebab kebakaran hutan dan lahan secara umum bisa karena kondisi alam atau tindakan manusia. Bumi dikatakan sebagai planet yang mudah terbakar secara fundamental karena keberadaan vegetasi yang kaya akan karbon, iklim kering, oksigen di atmosfer, petir, dan aktivitas vulkanik.

Kebakaran hutan dan lahan menyebabkan berbagai kerugian diantaranya hilangnya habitat asli satwa liar, kabut asap, penyakit pernapasan, bahkan kerusakan pemukiman di sekitar hutan dapat merusak ekosistem makhluk hidup.

Penyebab kebakaran hutan dan lahan ini sebenarnya bisa dihindari, baik itu penyebab kebakaran hutan dan lahan oleh alam atau manusia, keduanya bisa dicegah melalui tindakan preventif dan regulasi tertentu.

Pentingnya hutan bagi keseimbangan ekosistem membuat penyebab kebakaran hutan harus diminimalisir sebaik mungkin dan tentunya dibutuhkan upaya pencegahan, salah satunya melalui sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya karhutla.