Pasir Panjang Destinasi Wisata Tahunan Desa Nanga Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Senin 5 Agustus 2019 Pasir panjang yang berada dijalan muara tawang, Dusun Sungai Lalau, Desa Nanga Suhaid kembali dipadati pengunjung dari berbagai desa bahkan dari luar Kecamatan Suhaid.

Pengunjung tersebut dari berbagai usia termasuk ada anak – anak, karena pasir panjang di Desa Nanga Suhaid merupakan destinasi wisata tahunan, yaitu hanya ketika musim kemarau. Berbagai aktivitas yang dilakukan pengunjung, diantaranya mandi, bermain bola bahkan ada pelaku usaha yang menjajakan makanan untuk kebutuhan pengunjung.

Luas pasir panjang mencapai lebih 1 km panjangnya, jarak tempuh dari Desa Nanga Suhaid diperkirakan 10 menit menggunakan sepeda motor melalui pinggiran sungai kapuas dan melewati rumah penduduk yang berada di Dusun Sungai Lalau, dan banyak juga yang menggunakan speedboat.

Pasir panjang tersebut sudah dikunjungi dan dipadati pengunjung kurang lebih 400 orang setiap hari, pasirnya halus sehingga jika anak – anak bermain akan aman dari luka, dan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke pasir panjang silakan datang pada pukul 15.30 – 17.30 wib, tidak dipungut biaya bahkan lokasi tersebut sangat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk mengabadikan momentnya dengan berfoto.

Diharapkan kepada orang tua untuk melakukan pengawasan terhadap anaknya ketika mandi dan berkunjung ke destinasi ini.