Pertemuan PAUD Holistik Integratif Bidang Kesehatan Di Satuan PAUD SeKapuas Hulu

Laporan Kim Entugan Hulu
Maisidah

Informasi Kapuas Hulu. Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan dan meningkatkan Kesehatan anak usia dini dan menghindari stunting pada anak usia dini maka Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan kegiatan pertemuan Paud Holistik Integratif terpadu disatuan Paud pada tanggal 31 juli sampai dengan tanggal 2 agustus di aulu Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Hulu.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sudarso, Spd.M.M selaku sekretaris dinas kesehatan, Ade Hermanto Kabid kesehatan masyarakat, Kasi Paud Kabupaten Kapuas Hulu Sri Siti Haslindar, Spd sebagai pemateri paud, Ahmad kurniawan kasi promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat, Rozana Hayati A.md, Kep Kasi Kesehatan Keluarga, Siti Wahdah kasi gizi.

mereka hadir untuk memberikan materi kepada para kepala satuan paud dan guru paud yang hadir mewakili kecamatannya masing masing khususnya kabupaten Kapuas hulu.

Pentingnya pendidikan anak usia dini yang antar usia 0 bulan hingga 72 bulan untuk memantau tumbuh kembang anak pada masa emas anak, karna itu disatuan paud yang di anggap mampu melaksanakan pendidikan Paud Holistik integratif secara terpadu dan terintegrasi yang mungkin sudah di laksanakan di satuan paud masing masing, hanya saja belum terarah secara rinci dan terprogram maka di harapkan dengan adanya kegiatan pertemuam paud holistik integratif bidang kesehatan di satuan Paud dapat mengembangkan ilmu dan menerapkan ilmu yang di dapatkan.

Paud Holistik Integratif terpadu pada dasarnya adalah layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan yang kegiatannya bisa laksanakan dalam satu tempat yaitu di satuan Paud, alasan memilih satuan paud untuk melaksanakan program tersebut adalah karna anak usia dini yang mengikuti program belajar dan pembelajaran di paud merupakan suatu momen yang tepat pada masa emas atau 1000 hari.

Untuk mengembangkan paud holistik integratif terpadu harus ada suatu koordinasi dan komunikasi yang baik dengan pemerintahan desa, tim penggerak pkk, posyandu, masyarakat dan instansi terkait orang tua anak atau balita, dapat di bentuk dalam suatu organisasi yaitu BKB atau Bina Keluarga Balita, sebagai sarana forum pengasuhan anak usia dini.

Karna itu pentingnya untuk para tutor atau pun pengasuh di satuan paud memiliki ilmu untuk mendeteksi dini tumbuh kembang anak seperti halnya cara menimbang, mengukur panjang tubuh, anak lingkar kepala dan lainnya, tujuannya agar dapat memberikan hak asuh yang baik sesuai usia anak agar mereka tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat.

Hal ini adalah salah satu pencegahan stunting kepada anak anak penerus generasi bangsa ini, maka di perlukan kesadaran yang tinggi untuk para orang tua dan masyarakat agar anak anak mendapat pengasuhan, pendidikan dan perlindungan, kesehatan sesuai usianya dan mendapatkan asupan gizi yang baik mulai dari dalam kandungan, hidup sehat dan CERDIK.
C=cara hidup sehat
E=enyahkan asap rokok
R=rajin olah raga
D=diet yang seimbang
I=istirahat yang cukup
K=kelola stres dengan baik ,akan menjadi hidup yang berarti karna
Sehat itu indah mari kita jaga kesehatan dan sukseskan Pendidikan anak usia dini supaya menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, sehat dan gemilang.