Pelayanan Jemput Bola Oleh DISDUKCAPIL, Berikut Penjelasannya

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas Hulu secara intensif memberikan pelayanan jemput bola ke Kecamatan Suhaid yang terpusat pada dua tempat yaitu Kantor Desa Tanjung dan Kantor Camat Suhaid pada tanggal 3 agustus 2019.

Pelayanan Jemput bola tidak hanya menjadi program bagi Disdukcapil tapi yang lebih penting adalah bertujuan memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan yang diantaranya pembuatan KTP -L, kartu keluarga, akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Pelaksanaan kegiatan pelayanan tersebut melibatkan 18 orang dari disdukcapil yang dipimpin langsung oleh Asrul Jadiid, S.Sos selaku Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, bahkan pembagian 2 tempat pelayanan agar mempercepat proses pelayanan.

Dalam sambutannya, Asrul Jadiid mengatakan bahwa Pelayan dilakukan oleh masing – masing bagian, diantaranya bagian Piak yaitu terkait perubahan data, Capil yang menangani akta kelahiran dan Dafduk menangani kependudukan.

Lie selaku Kepala Desa Tanjung dalam sambutannya mengatakan menyambut baik pelayanan dari Disdukcapil.

”kami mewakili masyarakat sangat berterima kasih atas pelayanan ini, sehingga mempermudah masyarakat dalam tertib administrasi kependudukan, ungkapnya.

Lie menambahkan, “bagi masyarakat yang hadir diantaranya masyarakat Desa Tanjung, Desa Tanjung Harapan, Desa Madang Permai, Desa Nanga Suhaid, Desa Laut Tawang serta Desa Lubuk Pengail, agar apa yang menjadi kendala dalam mengurus administrasi kependudukan selama ini untuk bisa ditanyakan langsung kepada petugas pelayanan sehingga semua menjadi jelas dan dapat segera dilengkapi.”

Pelayanan tersebut diapresiasi oleh masyarakat sehingga berbondong – bondong masyarakat yang datang bahkan kurang lebih 500 penduduk yang memanfaatkan pelayanan tersebut.