DAK Afirmasi 8 Milyar Untuk Pembangunan Puskesmas Suhaid

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu melalui sumber dana Dak Afirmasi dengan nilai anggaran Rp.8.470.000.000 sebagai nilai kontrak untuk pembangunan Puskesmas Suhaid. Nilai kontrak tersebut tertuang dalam surat nomor 018/DIKES/KONTRAK/FISIK.LL/2019 pada tanggal 18 Juli 2019, dan proses pengerjaan pembangunan tersebut berkisar 150 hari kalender oleh CV. IO BERDIKARI sebagai pelaksananya, dan proyek tersebut didampingi oleh tim TP4D Kejaksaan Negeri Kabupaten Kapuas Hulu.

Pembangunan Puskesmas Suhaid ini telah disampaikan oleh Bupati Kapuas Hulu saat peresmian RSUD Pratama Semitau. “Bupati Kapuas Hulu, A.M, Nasir mengatakan pada tahun 2019 pemerintah melalui dana alokasi khusus (DAK) dan reguler akan membangun 6 gedung Puskesmas di Kecamatan Suhaid, Semitau, Seberuang, Kecamatan Silat Hilir, Kecamatan Silat Hulu sampai Kecamatan Mentebah serta Kecamatan Kalis dengan anggaran sekitar Rp. 60 miliar. Sumber: (Redaksi Sehat Negeriku).

“Pemerintah berusaha semaksimal mungkin dalam pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” kata Nasir pada peresmian RSUD Semitau, Rabu (23/1).

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat, bahwa Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan
untuk menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan, baik promotif,
preventif, kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukan oleh
pemerintah, pemerintah daerah dan/atau masyarakat.

Pusat Kesehatan Masyarakat yang selanjutnya disebut Puskesmas
adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya
kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat
pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif,
untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya
di wilayah kerjanya.

Kepala Puskesmas Suhaid, Hidayat mengatakan bahwa dengan pembangunan puskesmas ini, sekaligus proses akreditasi dan semua pelayan harus sesuai SOP semoga ada peningkatan status kesehatan masyarakat. Nanti akan ada tenaga analis ditempatkan dipuskesmas tersebut, bahkan pada oktober mendatang akan datang seorang dokter dan kemungkinan setelah itu ada penambahan dokter lagi sehingga ada dua dokter di Puskesmas Suhaid. “Saya juga berharap dengan puskesmas dituntut harus menangani 114 kasus sampai tuntas tanpa dirujuk ke rumah sakit, dan kapasitas puskesmas yang baru ini maka diperlukan dukungan sumber daya manusia, peralatan dan obat – obatan”.

Pembangunan Puskesmas Suhaid berada dijalan Suhaid – Mensusai, tepatnya didepan Kantor Desa Nanga Suhaid.