Dinas Kesehatan Edukasi Pelaku Usaha Makanan

Dalam rangka menjamin peningkatan kualitas mutu olahan bahan pangan yang diproduksi masyarakat, Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas Hulu melalui Seksi Farmasi Makanan dan Minuman rutin melakukan kunjungan ke lapangan.

Senin (29/7/2019) bertempat di Desa Bunut Hulu Kecamatan Bunut Hilir, Seksi Farmasi Makanan dan Minuman Dinkes Kapuas Hulu kembali menyelenggarakan penyuluhan bagi warga setempat.

“Penyuluhan yang kita lakukan berkaitan dengan keamanan pangan bagi pelaku industri rumah tangga, pangan produk olahan kerupuk basah dan kerupuk ikan kering,” terang Agustina Rotua Pakpahan, Kasi Farmasi Makanan dan Minuman Dinkes Kapuas Hulu.

Agustina yang juga selaku narasumber dalam kegiatan itu menambahkan, penyuluhan tersebut diikuti oleh 45 orang peserta.

“Jadi dari Dinas Kesehatan melalui seksi farmasi makanan dan minuman secara rutin setahun sekali melakukan kegiatan penyuluhan ini,” ulasnya.

Dijelaskan Agustina, kegiatan penyuluhan ini dalam rangka memberikan informasi kepada pelaku usaha, agar mereka dapat mengolah pangan dengan baik dan benar.

Dikatakan Agustina lagi, usai penyampaian materi penyuluhan, keesokan harinya (30/7/2019) pihaknya melanjutkan pemeriksaan makanan dan minuman kadaluwarsa, bekerja sama dengan lintas sektor yaitu Camat, Puskesmas Bunut Hilir, Polsek dan Satuan Polisi Pamong Praja tim dari dinas kesehatan.

“Kita lakukan pemeriksaan toko-toko barang kelontong di tiga desa yaitu Bunut Hilir, Bunut Tengah dan Bunut Hulu,” paparnya.

Karena masih ditemukan sejumlah produk makanan yang kadaluwarsa, Agustina menghimbau para pedagang maupun masyarakat agar lebih teliti dalam membeli barang. “Kita lakukan terus edukasi kepada pemilik toko agar tidak menjual kembali barang kadaluwarsa tersebut,” tuntas Agustina.