PAUD TUNAS BANGSA DESA NANGA SUHAID MENERAPKAN HOLISTIK INTEGRATIF, SIMAK PENJELASANNYA

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Delapan puluh persen perkembangan otak manusia terjadi di usia dini. Itu sebabnya, periode ini merupakan momen tepat untuk menanamkan nilai dan pendidikan pada anak, termasuk status gizi yang menjadi salah satu aspek terpenting guna mendukung tumbuh-kembang, pembentukan karakter, serta kecerdasan yang akan dibawa hingga usia dewasanya. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi sebuah sarana yang tepat dalam memberikan pengenalan nutrisi yang tepat dengan stimulasi yang sesuai tahapan tumbuh kembang anak.

Dalam program PAUD, orangtua dan guru bisa saling bekerja sama dalam menuntun anak menjadi generasi yang hebat. Namun, penyelenggaraan PAUD tersebut masih menghadapi berbagai masalah, sehingga konsep PAUD pun mulai bergeser. Untuk itu pemerintah merekomendasikan perlunya untuk melakukan pengembangan terhadap anak usia dini secara holistik dan terintegrasi.

Paud Tunas Bangsa mulai menerapkan paud holistik integratif sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 60 Tahun 2013 tentang pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif, menjelaskan bahwa pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis dan integrasi.

Ardina Aprilita, S.pd selaku Kepala Sekolah PAUD Tunas Bangsa Desa Nanga Suhaid menjelaskan bahwa Layanan stimulasi holistik mencakup layanan pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, perlindungan dan kesejahteraan menjadi kebijakan pengembangan anak usia dini dengan melibatkan pihak terkait, baik instansi pemerintah, organisasi kemasyarakatan, organisasi profesi, tokoh masyarakat dan orang tua.(30/07/2019).

Ardina juga menambahkan bahwa PAUD Tunas Bangsa secara bertahap mulai menerapkan PAUD Holistik Integratif ini. Adapun layanan yg sudah diberikan yaitu Layanan Pendidikan, Kesehatan, Gizi dan Pengasuhan.