VERIFIKASI LOKASI PASAR, BAPPEDA DAN DISPERINDAGKOP KUNJUNGI DESA NANGA SUHAID

Laporan KIM Entugan Hulu
A.Hartawansyah Praniansyah

Informasi Suhaid. Bappeda dan Disperindagkop Kabupaten Kapuas Hulu kunjungi tempat yang akan dijadikan pasar di desa Nanga Suhaid Kecamatan Suhaid. Kunjungan tersebut dilaksanakan pada Kamis 25/7/19 tersebut merupakan tinda lanjut dari pengajuan desa nanga suhaid kepada pemerintah daerah Kabupaten Kapuas Hulu terkait permohonan pembanguan pasar.

Pengajuan tersebut sudah masuk RPJMDES sejak Tahun 2016, Perwakilan Pihak Bappeda diantaranya : Mohd Ali Hasbi SE selaku Kasubbid Perindustrian, Perdagangan, Penanaman Modal, Koperasi dan UKM yang didampingi Rodi Harpan S.E selaku stafnya dan Perwakilan Disperindagkop diantaranya : Muhamad kamiel. S.E selaku Kasi Bina Usaha Perdagangan, Parizal Manap. A.Md selaku Staf  bina usaha perdangangan, serta Dedi wiranto. A.md selaku Staf  promosi dan metrologi legal.

Pejabat Bappeda, Mohd Ali Hasbi SE menuturkan bahwa verifikasi sangat dibutuhkan untuk mendapat data valid.

“Viralnya Video aktivitas pasar dan tingginya tingkat kebutuhan tempat strategis untuk jual beli barang kebutuhan masyarakat, merupakan bagian dari data pendukung yang diperlukan pihak pemda melalui bappeda dan disperindagkop untuk verifikasi ditingkat pusat september mendatang, karena kami sangat membutuhkan data valid, maka kami langsung melihat lokasi.” ungkapnya.

Hasbi menambahkan, ” Verifikasi tidak hanya pada lokasi pasar tentang kepemilikan lahan, tapi juga jumlah UKM, Petani, Perusahan dan Pedagang dari luar kecamatan suhaid, dan kami upayakan semua berjalan sesuai harapan kita.” tutupnya.

Kasi Ekbang Kecamatan Suhaid, Sudialamsyah menuturkan bahwa pihak kecamatan Suhaid sangat mendukung pendirian pasar di desa nanga suhaid.

” kami sangat mendukung penuh bahkan sangat berupaya agar pasar tersebut bisa terealisasi” ujarnya.

Bahkan Kepala Desa Nanga Suhaid, Ehsan menambahkan, ” kami berharap dengan menuju desa mandiri maka peran pemerintah juga kami harapkan untuk mendukung kami dalam pendirian pasar ini.”

Harapan yang serupa disampaikan juga oleh kasi trantib dan kepala dusun sungai lalau.

Dalam Kunjungan tersebut disambut oleh Muspika, Kepala Desa Nanga Suhaid, Kasi Trantib, Kepala Dusun Sungai Lalau, dan Kasi Ekbang. Kegiatan dilanjutkan esok hari dikantor camat suhaid.