TIGA LEMBAGA PAUD DIVISITASI UNTUK AKREDITASI, BERIKUT PENJELASANNYA

Laporan Kim Entugan Hulu
Maisidah

Untuk meningkatkan kwalitas pendidik dan pembelajaran di Paud di KAbupaten Kapuas Hulu, maka Ban Paud ( Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini ) dan PNF ( Pendidikan Non Formal ) jakarta pusat memvisitasi 3 Lembaga Paud Yaitu Paud Nusa Indah yang terletak Di desa Semelangit kecamatan Pengkadan, kepala sekolah atas nama zulhijah, TK Negeri Pembina Selimbau, kepala sekolah atas nama Dewi Sartika Spd, Paud lintas Danau Sentarum Desa Sekulat Kecamatan Selimbau kepala sekolah atas nama Wiwin Utama.

Kegiatan di mulai dari tanggal 22 – 25 juli 2019. Menurut Sujiman, S.A.g Selaku Asesor Ban Paud dan PNF mengatakan bahwa dengan adanya Lembaga Paud yang telah siap mengajukan Akreditasi sekolah akan di nilai mampu melaksanakan pendidikan anak usia dini sesuai dengan pembelajaran yang berlaku saat ini yaitu kurikulum K13 dan mempunyai mutu pendidikan yang lebih baik melayani masyarakat, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini, sehingga dapat menciptakan karakter anak, dan memunculkan bakat anak secara alami dengan proses pelajaran yang sudah di tentukan oleh Undang Undang tentang Pendidikan Anak Usia Dini.

Margareta Chory, S.pd selaku Asesor BAN PAUD dan PNF mengungkapkan perjalanan visitasi melewati jalan darat dan sungai.

“Perjalanan kami dimulai dari putussibau menuju Paud Nusa Indah kecamatan Pengkadan, desa samalangit yang areanya tanpa signal komunikasi, dan dilanjutkan ke TK Negeri Pembina Kecamatan Selimbau menggunakan ojek lokal dengan jarak tempuh 3 jam. setelah itu kami menuju Paud Lintas Danau Sentarum Kecamatan Selimbau, Desa Sekulat dengan menggunakan speedboat yang sebenarnya jarak tempuh 2 jam namun dikarena kemarau maka harus memutar melalui kecamatan suhaid dan sampai ke desa sekulat pukul 21.00 wib dengan jarak tempuh 5 jam.

Chory menambah, Yang lebih ekstrim lagi ketika kembali ke putussibau kami melewati kecamatan suhaid, harus berhadapan dengan kondisi cuaca hujan lebat, basah kuyub, menggunakan speedboat 15 pk dan dilanjutkan ke putussibau menggunakan speedboat 40 pk dengan jarak tempuh 6 jam.

Lika Liku perjalan visitasi ini tidak membuat mereka patah semangat untuk terus berjuang demi kemajuan setiap lembaga yang sudah siap terakreditasi, dan semoga kita semua dapat mengantarkan anak usia dini indonesia menjadi anak anak berkwalitas sebagai generasi emas penerus bangsa