Seksi Farmasi Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kapuas Hulu Gelar Pertemuan PIO

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan dibidang kefarmasian, Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu menggelar pertemuan Pelayanan Informasi Obat (PIO),  Jumat (26/7/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Aula kantor Dinkes Kapuas Hulu tersebut dibuka Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan M. Nazaruddin, SKM., MPH,  dan dihadiri sekitar 53 peserta yang terdiri dari tenaga farmasi (Apoteker dan Tenaga Teknis Kefarmasian) dan Dokter di Puskesmas se Kabupaten Kapuas Hulu.

“Melalui kegiatan ini, kita mengharapkan pengobatan yang rasional dengan tujuan patient safety di fasilitas pelayanan kesehatan kedepan bisa dilaksanakan secara maksimal,” tutur Nazaruddin ketika membuka kegiatan.

Untuk itu dirinya mengharapkan,  para peserta bisa menyimak dengan baik seluruh materi yang sudah disampaikan,  sehingga mutu pelayanan kesehatan khususnya dalam pengobatan tersebut semakin meningkat.

Lebih lanjut Nazarudin menyampaikan, dalam pertemuan tersebut juga dihadirkan narasumber yang berkompeten dibidangnya,  diantaranya Indah Puspasari, S.Si. MPH., Apt selaku Kepala Seksi Kefarmasian dan Alkes Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

“Beliau menyampaikan materi tentang optimalisasi pelayanan kefarmasian dalam meningkatkan penggunaan obat yang rasional di Fasyankes,” ungkap Nazaruddin.

Selain itu tambahnya,  ada narasumber dokter spesialis yakni dr. Mas Agung Ginanjar, Sp. A dokter spesialis anak di RSUD Achmad Diponegoro dengan materi prinsip pemberian antibiotik yang bijak.

“Kemudian narasumber ketiga yakni Agustina Rotua Pakpahan, S.Farm., Apt selaku Kepala seksi farmasi, makanan dan minuman Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, dengan materi pentingnya PIO konseling untuk patient Safety di Fasyankes,” papar Nazaruddin. Disesi penutup  kegiatan lanjut Nazarudin, Kepala Seksi Farmasi, Makanan dan Minuman menekankan pentingnya kerjasama dari semua pihak, khususnya dokter dalam pemberian atau peresepan obat yang rasional di Fasyankes.