PELATIHAN PEMBENIHAN IKAN BAUNG BERSAMA UPR DI DESA EMPANGAU

Dinas Perikanan Kabupaten Kapuas Hulu melakukan Kegiatan Pelatihan Pembenihan Ikan Baung (Mystus nemurus) pada Unit Pembenihan Rakyat (UPR) di Desa Empangau Kecamatan Bunut Hilir. Pelatihan pembenihan ikan Baung yang dilakukan selama 3 hari dimulai tanggal 22 – 24 Juli 2019 diikuti sebanyak 20 orang. 16 orang merupakan anggota UPR dari Desa Empangau Hilir, Empangau Hulu Kecamatan Bunut Hilir dan 4 orang dari Desa Penepian Raya dan Pengelang Kecamatan Jongkong.

Kegiatan Pelatihan Pembenihan Ikan Baung (Mystus nemurus) bekerjasama dengan  Litkayasa BBAT Mandiangin Kalimantan Selatan sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut. Di hari pertama peserta melakukan seleksi induk yang sudah disiapkan di keramba dengan kriteria induk yang akan dipijah harus sehat, tidak cacat, induk matang gonad umur 1,5 – 3 tahun , berat 1,5 – 3 kg. kemudian penyutikan pertama dengan hormon ovaprim  dengan dosisi betina 0,6 ml/kg dan jantan 0,3 ml/kg). 6 jam kemudian dilakukan penyutikan kedua dengan dosis yang sama,

Hari kedua mulai  dilakukan  pengambilan telur induk ikan betina dengan stripping (pengurutan) induk betina. Diwaktu yang sama juga dilakukan pengambilan sperma pada induk ikan baung dengan cara dibedah. Kantong sperma yang telah diambil bersih dari darah dan lemak kemudian mengeluarkan sperma dari kantong sperma. Setelah keduanya siap kemudian dilakukan pencampuran sperma dan telur. Sperma dan telur diaduk secara perlahan menggunakan bulu ayam sambil menambahkan larutan NaCl secara merata. Hasil  campuran selanjutnya di tebar ke dalam media penetasan (Aquarium).

Hasilnya dapat dilihat setelah 27 – 30 jam kemudian. Selama proses tersebut  oksigen (aerasi) selalu diberikan untuk memperlancar proses pembuahan.  Dari  kegiatan pemijahan ikan baong dengan sistem induce breading (pemijahan secara intensif) menurut H.M Sudirman,SP,MM selaku Kepala Bidang Perikanan Budidaya selaku yang menaungi kegiatan pelatihan berharap peserta dapat melakukan pemijahan secara mandiri. Beliau juga menambahkan UPR Empangau dapat melakukan pemijahan yang berkelanjutan yang dapat menghasilkan benih ikan baung yang berkualitas dan dapat memenuhi kebutuhan benih di Kabupaten Kapuas Hulu.