Kegiatan Padat Karya Infrastruktur di Desa Kedamin Darat dan Desa Menarin

 

Gambar: Kegiatan Rembuk bersama masyarakat

Dinas Tenaga Kerja, Perindutrian dan Transmigrasi (Disnakerintrans) Kabupaten Kapuas Hulu merupakan salah satu instansi teknis yang berfungsi menyelenggaraankan urusan dinas untuk bidang tenaga kerja, bidang perindustrian dan bidang transmigrasi. 

Sebagai instansi teknis  yang dipercayakan oleh Pemerintah Pusat dalam hal ini adalah Kementerian Tenaga Kerja melalui Ditjen PPKK pada Tahun Anggaran 2018 ini, Disnakerintrans mendapat paket kegiatan yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Dana Tugas Pembantuan.

Kegiatan dimaksud yaitu padat karya infrastruktur di Desa Menarin Kecamatan Mentebah dan padat karya infrastruktur di Desa Kedamin Darat Kecamatan Putussibau Selatan. Selain itu, ada juga kegiatan Pemberdayaan wirausaha tenaga kerja mandiri pola pendampingan di tiga desa yaitu Desa Seluan Desa Pala Pulau, dan Desa Melapi.

Program ini diselenggarakan untuk memberdayakan masyarakat yang masih menganggur, atau setengah menganggur dan miskin. Kepada mereka yang rata-rata tidak memiliki keterampilan khusus itu pemerintah membuka
lapangan kerja dengan memanfaatkan sumber daya lokal yang tersedia. Ini
dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas, aksesibilitas, dan kesejahteraan
masyarakat.

Menurut Kepala Bidang Tenaga Kerja Drs. Subandi bahwa menghadapi tingkat
pengangguran yang masih cukup tinggi pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengatasinya. beberapa program kegiatan Direktorat PPKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat adalah program pengembangan padat karya, penerapan teknologi tepat guna, pendampingan masyarakat, serta pemberdayaan tenaga kerja mandiri.

Lebih lanjut Drs. Subandi menyatakan bahwa Kegiatan Padat Karya Infrastruktur merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang bertujuan untuk menekan angka penganggur, setengah penganggur, dan masyarakat miskin; Memupuk rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat; Meningkatkan; Aksesibilitas masyarakat terhadap pusat-pusat layanan sosial dasar; dan Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengembangan masyarakat kearah yang lebih baik.

 

Kabid Tenaga Kerja berharap agar kegiatan padat karya ini tetap berlanjut untuk tahun-tahun yang akan datang terutama untuk mendukung proses pembangunan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu sebagai salah satu wilayah perbatasan yang bersifat terdepan, tertinggal dan terpencil. 

 

 

 

 

Pembersihan calon badan jalan di desa kedamin Darat

 

Pelaksanaan Padat Karya Infrastruktur di Desa Kedamin Darat adalah pembangunan jalan tenaga kerja yang akan menuju jalan usaha masyarakat desa Kedamin Darat Hilir, Kedamin Darat Hulu dan Lahan usaha transmigrasi Kedamin Darat. Luas seluruh badan jalan yaitu 2.500 meter persegi. Pekerjaan dilaksanakan secara swakelola dimulai pada tanggal 2 Juli 2018 sampai dengan 19 Juli 2018, dengan memanfaatkan tenaga kerja setempat setiap hari berjumlah 88 orang. 

 

Pembersihan calon badan jalan di desa kedamin Darat

 

Pembersihan calon Badan Jalan Di Desa Manarin

 

 

Pembersihan calon Badan Jalan Di Desa Manarin

 

Sedangkan Pelaksanaan Padat Karya Infrastruktur di Desa Menarin Kecamatan Mentebah merupakan jalan tenaga kerja yang menghubungkan jalan usaha masyarakat Menarin dan akan menuju ke lahan usaha transmigrasi Suka Maju untuk kegiatan pembangunan jalan usaha tani dengan volume panjang 500 Meter x Lebar 5 meter dilakukan pengerasan dengan pasir dan batu (sirtu) dengan volume panjang 300 meter x lebar 1 meter. 

Luas seluruh badan jalan yaitu 2.500 meter persegi. Pekerjaan dilaksanakan secara swakelola dimulai pada tanggal 9 Juli 2018 sampai dengan 26 Juli 2018, dengan memanfaatkan tenaga kerja setempat setiap hari berjumlah 88 orang. 

Gambar: Pembuatan Badan Jalan di Desa Menarin

 

 

Gambar: Jalan hasil padat karya di Desa Kedamin Darat Kecamatan Putussibau Selatan dan Desa Menarin Kecamatan Mentebah